Menerka Nasib Bisnis Coworking Space di Tengah Badai PHK Startup

Konsep coworking space atau ruang kerja bersama menjadi populer beberapa tahun ke belakang sejalan dengan tumbuhnya perusahaan startup di Indonesia. Namun bisnis coworking space tengah mengalami perlambatan akibat badai PHK startup dan pandemi Covid-19.

Yanita Petriella

4 Feb 2023 - 21.30
A-
A+
Menerka Nasib Bisnis Coworking Space di Tengah Badai PHK Startup

Ilustrasi gedung perkantoran. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Konsep coworking space atau ruang kerja bersama menjadi populer beberapa tahun ke belakang sejalan dengan tumbuhnya perusahaan startup di Indonesia. Namun seiring pandemi Covid-19 meluas, konsep yang diartikan ruang kerja bersama ini juga terdampak oleh perusahaan yang menerapkan work from home (WFH). 

Tekanan pada coworking space ini terus berlanjut seiring badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) startup sejak tahun lalu yang kerap terjadi. Hal ini berimbas pada bisnis coworking space karena banyak menyediakan layanan kantor atau tempat kerja bagi perusahaan startup.

Bisnis ruang kerja bersama atau coworking space masih berada diujung tanduk seiring dengan menurunnya permintaan ruang kantor di wilayah Jakarta. Beberapa perusahaan bahkan terpaksa menutup bisnisnya, salah satunya PT Evi Asia Tenggara dengan merek dagang Cohive yang ditetapkan pailit. Penetapan Cohive pailit ditetapkan pada 18 Januari 2023 di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Lantas, bagaimana sebenarnya prospek bisnis coworking space di 2023?

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat tak memungkiri pandemi Covid-19 memberikan tantangan signifikan terhadap pelemahan performa sektor perkantoran termasuk coworking space. Namun, di akhir tahun 2022, secara umum sektor perkantoran mulai mengalami pemulihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menerka Nasib Bisnis Coworking Space di Tengah Badai PHK Startup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.