Menerka Nasib Megaproyek PLTA Kayan Setelah Ditinggal Sumitomo

PT Kayan Hydro Energy sebagai pelaksana proyek PLTA Kayan sebelumnya menggandeng Sumitomo Corporation untuk melanjutkan proyek pembangkit listrik yang berpotensi besar mendukung industri hijau di Kalimantan Utara dan penyuplai kebutuhan tenaga listrik di IKN Nusantara.

Edi Suwiknyo

31 Mei 2024 - 15.07
A-
A+
Menerka Nasib Megaproyek PLTA Kayan Setelah Ditinggal Sumitomo

Lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan milik PT Hydro Energy di Long Peso, Bulungan, Kalimantan Utara./JIBI-Edi Suwiknyo

Bisnis, JAKARTA — Perkembangan megaproyek pembangkit listrik tenaga air atau PLTA Kayan Cascade mulai memasuki babak baru, setelah Sumitomo Corporation akhirnya memutuskan hengkang dari proyek yang berada di Sungai Kayan, Kecamatan Long Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara tersebut. 

Sempat memberikan harapan baru dengan masuknya Sumitomo, meskipun masih dihadapkan pada berbagai tantangan terutama menyangkut persoalan perizinan, nasib megaproyek PLTA Kayan kini malah dipertanyakan.

Tanpa banyak cerita, Sumitomo Corporation dan PT Kayan Hydro Energy (KHE) resmi mengakhiri kerja sama yang sudah terjalin sejak 2022 lalu. Namun demikian, kerja sama investasi antara KHE dan Sumitomo yang belum genap 2 tahun itu malah berakhir pada kuartal 1/2024.

“Kami pernah berkerja sama dengan Sumitomo, [tapi] terhitung sejak kuartal I/2024 kami sudah menyelesaikan hubungan dengan Sumitomo,” ujar Komite Eksekutif PT Kayan Hydro Energy Steven Kho, Kamis (30/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.