Menerka Nasib Nikel Indonesia Kala Tambang Global Mulai Berguguran

Jika penutupan pabrik nikel terus terjadi, Indonesia perlu melakukan sejumlah langkah, terutama untuk menjaga eksistensi nikel di pasar global sekaligus mempertahankan penghiliran di dalam negeri.

Ibeth Nurbaiti

18 Feb 2024 - 19.33
A-
A+
Menerka Nasib Nikel Indonesia Kala Tambang Global Mulai Berguguran

Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28 7 2023). Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA — Mulai bergugurannya sejumlah tambang nikel di negara lain yang diakibatkan oleh anjloknya harga serta kelebihan pasokan komoditas mineral logam tersebut di pasar global diyakini tidak akan berpengaruh terhadap pasar nikel di dalam negeri.

Kendati demikian, Indonesia tetap harus mencermati dengan saksama penutupan tambang nikel di negara lain karena jika terjadi terus menerus, tentunya akan menyebabkan ketidakseimbangan antara permintaan dan pasokan nikel dunia.

Sejauh ini, Indonesia bisa dibilang masih memegang kendali pasar nikel global, dengan menyumbang lebih dari separuh pasokan atau sekitar 3,4 juta metrik ton pada tahun lalu. Namun, jika penutupan pabrik nikel terus terjadi, Indonesia perlu melakukan sejumlah langkah, terutama untuk menjaga eksistensi nikel di pasar global sekaligus mempertahankan penghiliran di dalam negeri.

Sebagai gambaran, secara keseluruhan Indonesia diyakini memiliki sumber daya nikel yang mencapai 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam, dengan jumlah cadangan 5,2 miliar ton bijih nikel dan 57 juta ton logam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.