Menerka Pertumbuhan Ekonomi 2024 Saat Fokus APBN Berubah

Berbeda dengan rancangan APBN tahun sebelumnya, APBN 2024 akan dirancang lebih moderat. Belanja pemerintah pun akan ditekan. Hal itu diperkirakan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di tahun 2024.

Saeno

7 Mar 2023 - 20.27
A-
A+
Menerka Pertumbuhan Ekonomi 2024 Saat Fokus APBN Berubah

Pemerintahan Presiden Jokowi akan lebih mengerem belanja pada APBN 2024 dan fokus pada program yang sifatnya reguler./BPMI Sepres

Bisnis, JAKARTA – Sebelum mengakhir masa pemerintahannya, Pemerintahan Presiden Jokowi masih harus menyusun APBN 2024. Berbeda dengan rancangan APBN tahun sebelumnya, APBN 2024 akan dirancang lebih moderat. Belanja pemerintah pun akan ditekan. Hal itu diperkirakan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di tahun 2024.

Hal itu menjadi tidak terhindarkan karena pemerintah menyiapkan APBN 2024 dengan perhitungan yang berbeda dibandingkan APBN 2023. Meski keduanya dibuat pada masa Presiden Jokowi berkuasa, APBN 2024 yang disiapkan pada 2023 dibuat cenderung relatif standar. Tidak mengherankan jika APBN 2024 akan cenderung menahan anggaran belanja dan fokus pada program prioritas.

Perubahan fokus pemerintah di tahun transisi itu dinilai sebagai hal yang wajar, sehingga belanja pada APBN 2024 akan cenderung moderat.

Proyek infrastruktur, yang selama ini menjadi salah satu andalan PEmerintahan Presiden Jokowi, kemungkinan akan menurun. Dalam hal ini, pemerintah pun sudah menetapkan tenggat bahwa semua proyek pembangunan infrastruktur, baik Proyek Strategis Nasional (PSN) maupun non-PSN, harus selesai pada semester pertama 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menerka Pertumbuhan Ekonomi 2024 Saat Fokus APBN Berubah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.