Free with Login

Menerka Prospek Saham INCO Akhir 2022, Usai RI Kalah WTO Nikel

Pemerintah telah dinyatakan kalah dalam kasus gugatan Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization/WTO terkait dengan larangan ekspor dan penghiliran bijih nikel. kondisi tersebut dapat berdampak terhadap pergerakan saham emiten komoditas tersebut, dalam hal ini PT Vale Indonesia Tbk. (INCO)

Asteria Desi Kartikasari

28 Nov 2022 - 17.09
A-
A+
Menerka Prospek Saham INCO Akhir 2022, Usai RI Kalah WTO Nikel

Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel. /JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA— Keputusan pemerintah yang kukuh memberlakukan larangan ekspor bijih nikel bakal menekan marjin emiten nikel. Belum lagi, pemerintah telah dinyatakan kalah dalam kasus gugatan Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization/WTO terkait dengan larangan ekspor dan penghiliran bijih nikel. 

Tidak menutup kemungkinan, kondisi tersebut dapat berdampak terhadap pergerakan saham emiten komoditas tersebut, dalam hal ini PT Vale Indonesia Tbk. (INCO). Meskipun sempat melesu karena berita tersebut, pada perdagangan Senin (28/11/2022) kembali menguat ke level 7.175 per saham, menguat tipis 0,70 persen dibandingankan dengan perdagangan sebelumnya. 

Jika dilihat sepanjang tahun berjalan, saham INCO sudah mengalami penguatan hingga 53,31 persen year-to-date (YtD). Tren pergerakan investor asing juga mencatatkan aksi beli bersih atau net buy dalam jumlah besar. Jika dilihat secara year-to-date (YtD), net buy investor asing terhadap INCO menyentuh angka Rp1,62 triliun di pasar reguler. 

Macro Equity Strategist Samuel Sekuritas Indonesia Lionel Priyadi mengatakan, rencana pemerintah menyetop ekspor hasil olahan bijih NPI (nickel pig iron) mungkin akan terpukul oleh putusan WTO yang menyatakan kebijakan larangan ekspor hasil logam tambang melanggar aturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.