Menerka Sektor Saham Paling Cuan di 2024

Sektor-sektor saham yang tumbang sepanjang 2023 lalu berpeluang untuk kembali bangkit tahun ini, seiring dengan ekspektasi perubahan arah ekonomi, khususnya kebijakan bank sentral global.

Annisa Kurniasari Saumi

7 Jan 2024 - 20.32
A-
A+
Menerka Sektor Saham Paling Cuan di 2024

Bisnis, JAKARTA — Pasar saham mengawali tahun 2024 dengan cemerlang, terlihat dari indeks harga saham gabungan atau IHSG yang sukses menyentuh rekor baru. Namun, perjalanan tahun ini masih panjang, berbagai kemungkinan pun masih terbuka. Lantas, emiten-emiten dari sektor mana yang berpeluang besar untuk mendulang cuan tahun ini?

Tahun lalu, IHSG ditutup dengan tingkat kenaikan sebesar 6,16% year-to-date (YtD) ke level 7.272,80. Dengan kenaikan setinggi itu, indeks komposit Indonesia tersebut berada di urutan kedua terkuat di Asean.

Jika dibedah lebih dalam, kenaikan IHSG tahun lalu ditopang oleh segelintir sektor. Dari antara 11 indeks sektoral yang ada di bursa, hanya 5 yang berkinerja positif. Itupun, kinerja terkuat dibukukan oleh indeks IDX Sector Infrastructures, yang naik pesat 80,75% YtD.

Lebih dalam lagi, kenaikan di indeks sektor infrastruktur itu ditopang oleh dua emiten pendatang baru di sektor energi baru terbarukan (EBT), yakni PT Barito Renewable Energy Tbk. (BREN) dan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGEO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menerka Sektor Saham Paling Cuan di 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.