Meneropong Ongkos Pengapalan Internasional Usai Pandemi

Mulai melandainya biaya pengapalan global diharapkan menjadi salah satu pendorong mendinginnya inflasi setelah sempat meroket hingga 600 persen akibat pandemi. Namun, berbagai sentimen seperti perang Rusia dan pemangkasan produksi minyak dapat memengaruhi prospek pada tahun ini.

Nindya Aldila
Jan 25, 2023 - 12:30 PM
A-
A+
Meneropong Ongkos Pengapalan Internasional Usai Pandemi

Kegiatan bongkar muat petikemas Pelabuhan Terminal Petikemas Jayapura (15/9/2022) (Bisnis/Adam Rumansyah).

Bisnis, JAKARTA - Mulai melandainya biaya pengapalan global diharapkan menjadi salah satu pendorong mendinginnya inflasi setelah sempat meroket hingga 600 persen akibat pandemi. Namun, berbagai sentimen seperti perang Rusia dan pemangkasan produksi minyak dapat memengaruhi prospek pada tahun ini.

Berdasarkan catatan Drewry Shipping Consultants, biaya pengapalan kontainer dari Asia ke Amerika Serikat yang naik hingga US$8.585 pada Maret tahun lalu telah menyusut menjadi US$1.200.

Sayangnya, prospek dari segmen kapal tanker pembawa bahan bakar tak lebih baik pada tahun ini. Hal itu disebabkan oleh salah satunya pemangkasan produksi dan perubahan harga minyak yang dapat memengaruhi proyeksi ini.

Perusahaan kapal tanker Euronav NV mengatakan inflasi dan makin jauhnya transportasi minyak Rusia dapat berkontribusi terhadap kenaikan biaya pengapalan minyak hingga 2 kali lipat pada 2023.  

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Meneropong Ongkos Pengapalan Internasional Usai Pandemi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ