Meneropong Performa Asuransi Umum Tahun Depan

Performa asuransi umum diramal masih bertenaga atau tumbuh double digit pada 2023. Kondisi tersebut didorong oleh proyeksi pertumbuhan makroekonomi dalam negeri yang masih kuat.

Asteria Desi Kartikasari

23 Nov 2022 - 15.56
A-
A+
Meneropong Performa Asuransi Umum Tahun Depan

Karyawan melintasi logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Performa asuransi umum diramal masih bertenaga atau tumbuh dobel digit pada 2023. Kondisi tersebut didorong oleh proyeksi pertumbuhan makroekonomi dalam negeri yang masih kuat. 

Premi industri asuransi umum pada 2023 diproyeksi mengalami pertumbuhan hingga 10-15 persen. Proyeksi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Statistik, Riset, dan Analisa Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Trinita Situmeang. Menurutnya, dengan pertumbuhan 10-15 persen, kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 4-5 persen. 

Kondisi tersebut juga diperkuat oleh kenaikan tingkat inklusi keuangan. Diketahui, tingkat inklusi keuangan mencapai 85,2 persen ataulebih tinggi dari kondisi pada 2019 dengan capaian 76,19 persen.  Adapun literasi keuangan nasional saat ini juga mengalami pertumbuhan 11,65 persen atau berada di posisi 49,68 persen dibandingkan dengan 2019 di posisi 38,08 persen. 

Harapannya, outlook tersebut juga ditunjang oleh dukungan regulator, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara jangka pendek,  jangka menengah dan jangka panjang berupa prioritas kebijakan yang memperkuat pengawasan di sektor IKNB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.