Meneropong Prospek Cuan Saham Dari Aksi Merger XL (EXCL) & FREN

Merger antara XL Axiata (EXCL) dan Smartfren Telecom (FREN) disebut akan memberikan sentimen positif bagi kinerja saham emiten telekomunikasi.

Annisa Kurniasari Saumi

17 Mei 2024 - 18.22
A-
A+
Meneropong Prospek Cuan Saham Dari Aksi Merger XL (EXCL) & FREN

Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Rencana merger PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dengan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menjadi aksi korporasi yang ditunggu-tunggu, untuk meningkatkan kelincahan strategis saham emiten telekomunikasi teesebut.

Aksi merger tersebut dinilai dapat membuat tarif layanan yang semakin terjangkau untuk memnuhi permintaan masyarakat yang semakin meningkat.  Kendati begitu, dalam keterbukaan informasi BEI, Corporate Secretary EXCL Ranty Astari Rachman mengatakan rencana merger ini masih berada pada tahap evaluasi awal. Menurutnya, Axiata sebagai pemegang saham EXCL dan Sinar Mas yang merupakan pemegang saham FREN memiliki tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo. 

“Sebagaimana yang disampaikan, tidak ada kepastian diskusi yang berjalan saat ini akan menghasilkan suatu kesepakatan yang mengikat dan tidak pula penyelesaian dari rencana transaksi,” kata Ranty, Jumat (17/5/2024). 

Kendati begitu, Ranty menyatakan pihaknya belum dapat memastikan informasi mengenai surviving entity pasca-merger nantinya. Dia menjelaskan nota kesepahaman baru ditandatangani oleh pemegang saham EXCL dan masih berada pada tahap awal, sehingga EXCL belum memiliki informasi mengenai hal tersebut. Ranty juga menuturkan EXCL belum memiliki informasi terkait indikasi timeline merger, termasuk tanggal pengumuman ringkasan rancangan merger, tanggal RUPS, dan tanggal efektif merger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.