Mengamankan Pasokan Gas Industri Pupuk Nasional Tanpa Impor

Sejumlah industri pengguna gas di dalam negeri terutama industri pupuk masih mengeluhkan minimnya pasokan gas untuk kebutuhan domestik. Sejumlah pabrikan malah terpaksa merencanakan impor gas untuk mencukupi bahan baku produksinya.

Ibeth Nurbaiti

14 Des 2022 - 11.00
A-
A+
Mengamankan Pasokan Gas Industri Pupuk Nasional Tanpa Impor

Pekerja di Teluk Bintuni Papua memeriksa pasokan pengapalan LNG dari Blok Tangguh./Antara

Bisnis, JAKARTA — Cukup besarnya potensi kelebihan pasokan atau surplus gas bumi di dalam negeri, sejalan dengan makin banyaknya tambahan produksi dari sejumlah proyek strategis nasional menjadi tantangan tersendiri bagi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Jika produksi gas domestik tidak terserap alias tidak ada pembelinya (uncommitted cargo), bisa memicu terjadinya pengurangan produksi (curtailment) yang akhirnya akan berdampak pada penurunan kinerja produksi siap jual (lifting). 

Baca juga: Ironi di Negeri Kaya Sumber Energi, Surplus Gas tetapi Impor

Di sisi lain, sejumlah industri pengguna gas di dalam negeri terutama industri pupuk masih mengeluhkan minimnya pasokan gas untuk kebutuhan domestik. Sejumlah pabrikan malah terpaksa merencanakan impor gas untuk mencukupi bahan baku produksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.