Mengasah Kemampuan Balap dengan Pelatih Digital Porsche

Porsche Track Precision App adalah pelatih digital bagi yang tertarik dengan motorsport untuk meningkatkan gaya mengemudi di trek balap. Aplikasi ini tersedia untuk Panamera, Cayenne, dan Taycan.

Fatkhul Maskur

8 Des 2021 - 12.00
A-
A+
Mengasah Kemampuan Balap dengan Pelatih Digital Porsche

Setelah berkendara, aplikasi ini memungkinkan analisis kinerja pengemudi dengan menautkan, membandingkan, dan menampilkan data yang dikumpulkan. - Foto Porsche

Bisnis, JAKARTA - Porsche memperluas kompatibilitas Porsche Track Precision App (PTPA). Segera, pelatih mengemudi digital tersedia untuk sejumlah model Porsche, seperti Panamera, Cayenne, hingga Taycan.

Jumlah pintu tidak berperan dalam definisi sportifitas Porsche. Peluncuran model Cayenne dari pabrikan mobil sport ini pada 2002 adalah buktinya. Jajaran mobil sport empat pintu telah berkembang dengan mantap sejak saat itu, dan masing-masing model menawarkan performa terbaik di segmennya masing-masing dengan tetap tampil menawan di trek balap.

Dalam beberapa tahun terakhir, Porsche Taycan Turbo (2019), Porsche Panamera Turbo S (2020) dan Porsche Cayenne Turbo GT (2021) telah mencatat waktu terbaik di segmennya masing-masing di Nurburgring-Nordschleife. Oleh karena itu, masuk akal jika Porsche harus menyediakan driver dari jajaran model ini dengan alat yang sama untuk mengoptimalkan kinerja trek balap pribadi mereka sebagai pemilik model 911 dan 718.

"Untuk alasan ini, Porsche Track Precision App (PTPA) juga telah tersedia untuk model Cayenne, Panamera dan Taycan dengan diperkenalkannya model 2022," seperti dikutip dari keterangan pers Porsche, Rabu (8/12/2021) . Paket Sport Chrono harus dipasang di kendaraan untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Porsche Track Precision adalah pelatih mengemudi digital. Ia membantu pengemudi Porsche yang tertarik dengan motorsport untuk meningkatkan gaya mengemudi pribadi mereka di trek balap dengan mengumpulkan dan memvisualisasikan data yang relevan. 

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan titik pengereman, menyempurnakan titik masuk dan mengidentifikasi kesalahan pengemudi. Lap terbaik yang dikendarai oleh pengemudi – dengan kata lain, batas pengemudi sendiri, berfungsi sebagai nilai referensi.

Antara Smartphone dan PCM

Aplikasi Porsche Track Precision mengakses informasi unit kontrol di kendaraan melalui koneksi Wi-Fi dengan sistem Porsche Communication Management (PCM). Aplikasi ini membacakan posisi kendaraan, kecepatan, rpm, gaya pengereman, sudut kemudi, akselerasi longitudinal dan lateral, dan data telemetri terkait mengemudi lainnya. 

Dibandingkan dengan pelacakan murni melalui smartphone, PTPA mengumpulkan data yang lebih komprehensif dan tepat berkat koneksi langsung ke kendaraan. Hal ini memungkinkan untuk analisis yang optimal.

Aplikasi Porsche Track Precision menentukan waktu putaran saat mengemudi di trek dan memfilmkan garis balap yang digerakkan jika diinginkan. Rentang fungsi dapat ditampilkan di layar PCM melalui Apple CarPlay. 

Setelah berkendara, aplikasi ini memungkinkan analisis kinerja pengemudi dengan menautkan, membandingkan, dan menampilkan data yang dikumpulkan – dengan cara yang mirip dengan aplikasi analisis motorsport profesional. Lebih dari 300 trek balap di seluruh dunia sudah disimpan di aplikasi. Pengguna dapat menambahkan yang baru secara manual kapan saja.

Fungsi Aplikasi 

Secara umum, Porsche Track Precision App (PTPA) memiliki sederet fungsi. 

Pertama, pengukuran waktu putaran menggunakan data GPS. Setelah trek yang sesuai dipilih, aplikasi secara otomatis mendeteksi saat kendaraan melewati garis start-finish.

Kedua, informasi langsung selama putaran. Di trek, aplikasi menampilkan waktu yang didorong pada putaran saat ini dan memprediksi waktu putaran yang diharapkan. Ini juga memvisualisasikan penyimpangan dari putaran referensi dan data kinerja

Ketiga, menghubungkan data dan video. Semua informasi yang dikumpulkan dapat digabungkan dengan rekaman dari smartphone atau video kamera aksi.

Keempat, memvisualisasikan kinerja mengemudi. Setelah mengemudi, semua pembacaan data sensor dapat ditampilkan dan dibandingkan.

Kelima, koneksi dengan perangkat lain. Aplikasi dapat dioperasikan di PCM melalui Apple CarPlay. Setelah berkendara, data dapat dengan mudah ditransfer ke iPad melalui AirDrop untuk analisis yang lebih baik.

Keenam, berbagi di media sosial. Video dan data dapat dibagikan dengan teman dan penggemar di jejaring sosial.

Untuk menemani peluncuran ke seri model Porsche lainnya, berbagai fungsi Aplikasi Porsche Track Precision juga akan segera diperluas. Pada tahun mendatang, pengemudi Porsche dapat menantikan fungsi baru untuk digunakan jauh dari trek balap.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.