Mengatasi Kerikil di Jalur Ekspor Gesits ke Senegal

Gesits ternyata menghadapi sedikit kerikil di jalan ekspor ke Senegal. Pemerintah salah satu negara di Afrika Barat itu menerapkan sistem completely knock down (CKD).

Moh. Fatkhul Maskur

27 Okt 2021 - 20.07
A-
A+
Mengatasi Kerikil di Jalur Ekspor Gesits ke Senegal

Pekerja melakukan perakitan sepeda motor listrik GESITS di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021) - Foto AntaraNews

Bisnis, JAKARTA - Gesits ternyata menghadapi sedikit kerikil di jalan ekspor ke Senegal. Pemerintah salah satu negara di Afrika Barat itu menerapkan sistem completely knock down (CKD).

Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) M. Samyarto mengatakan permintaan Gesits di Senegal sebenarnya telah mencatatkan angka 200 unit. Akan tetapi, sementara ini tak semua bisa dipenuhi.

"Sebenarnya Senegal itu sudah ada demand 200 unit," kata Samyarto seperti dikutip Antara, Rabu (27/10/2021).

WIMA tidak bisa serta merta langsung memenuhi permintaan tersebut lantaran Senegal menerapkan sistem completely knock down (CKD) atau perakitan di dalam negeri.

Untuk itu, akan ada tim yang dikirim ke negara Afrika Barat tersebut untuk melakukan perakitan.

"Cuma kami kemarin baru mengirim 32 unit karena kami akan coba juga di sana, karena kan sistemnya juga di sana CKD, jadi kami akan kirim orang di sana untuk assembling juga. Jadi bertahap," kata dia.

Samyarto mengatakan akan terus berupaya memperluas pemasaran Gesits, tidak hanya di Senegal, tetapi juga di berbagai negara lainnya.

Dia menyebut sudah ada sejumlah negara yang melakukan komunikasi untuk memboyong motor listrik produksi PT WIMA tersebut, antara lain Mesir, Aljazair, dan Australia.

"Ada Mesir, Aljazair, Australia sebenarnya kita juga ada komunikasi. Cuma ya terus terang kita sebenarnya awal tahun ini kita di lokal tetapi kalau ada ekspor yang serius dan lain sebagainya kita juga akan coba lakukan," pungkas dia.

Diketahui, sebanyak satu kontainer berisi 32 unit motor listrik Gesits telah diekspor ke Senegal. Pelepasan perdana ekspor motor listrik produksi anak bangsa itu dilakukan pada Sabtu (16/10/2021) dan dijadwalkan akan tiba di Senegal pada akhir November 2021.

Ekspor perdana tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan promosi motor listrik Gesits yang dilakukan KBRI Dakar sebelumnya pada 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.