Mengatur Zonasi Laut, Investasi Dikebut

Hingga 2024 pemerintah menargetkan dapat menetapkan 12 rencana zonasi kawasan antarwilayah (RZ KAW) laut guna mempercepat geliat investasi sektor kelautan dan perikanan sekaligus menyesuaikan diri dengan ketetapan tata ruang.

Rustam Agus

29 Mar 2022 - 15.00
A-
A+
Mengatur Zonasi Laut, Investasi Dikebut

Perairan laut / istimewa

Bisnis JAKARTA – Luasnya perairan laut Indonesia tentu membutuhkan pengaturan yang lebih jelas dalam pemanfaatannya termasuk batas kewenangan dan tanggung jawab setiap wilayah dalam pengelolaannya.

Pemerintah pusat memperhitungkan terdapat 19 kawasan antarwilayah laut yang memerlukan penetapan zonasinya sebagai acuan dalam proses pemberian izin berusaha.

Hingga tahun 2024 ditargetkan untuk bisa menyelesaikan penetapan 12 rencana zonasi kawasan antarwilayah (RZ KAW) laut guna mempercepat pemanfaatannya secara lebih luas dan optimal.

Penetapan Rencana Zonasi Kawasan Antarwilayah diterbitkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) yang diyakini akan memberi dampak signifikan terhadap geliat investasi sektor kelautan dan perikanan yang akan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.
 
"Kalau bicara Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI), 12 kawasan antarwilayah jadi target minimal untuk segera dapat ditetapkan," tutur Rasman Manafi, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Ruang Laut Kemenko Maritim dan Investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.