Mengebut Pembangunan “Rest Area” di Tol Jelang Mudik Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan beberapa rest area di jalan tol masih dalam proses pengerjaan menjelang mudik Lebaan 2023.

Jaffry Prabu Prakoso

7 Apr 2023 - 14.09
A-
A+
Mengebut Pembangunan “Rest Area” di Tol Jelang Mudik Lebaran

Rest area jalan tol Jasa Marga. /Dok. Perseroan

Bisnis, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa akan mengebut pembangunan rest area atau tempat istirahat di jalan tol menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Basuki mengatakan bahwa sampai saat ini rest area di Kilometer 97 tol Merak masih dalam proses pembebasan lahan pada dua hari yang lalu.

“Belum [selesai], karena yang 97 [KM] yang di Banten baru pembebasan lahan dua hari yang lalu, yang 81 juga lagi digarap terus,” kata Basuki di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).


Rest area jalan tol Cikopo-Palimanan km 86 ditutup karena penuh./JIBI-Abdullah Azzam


Lebih lanjut, Basuki menyebut bahwa untuk rest area baru untuk mudik Lebaran 2023 dipastikan selesai sebelum masa arus mudik berlangsung.

Kemudian, untuk jalanan yang akan dipakai untuk arus mudik dan balik 2023, pihak PUPR juga sudah memperbaiki beberapa jalan dan dipastikan H-10 sebelum sudah kelar.

“Insyallah sudah [aman]. Kayak lobang-lobang di Cipali lagi diperbaiki H-10 insyallah sudah selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan catatan khusus dengan meminta kesiapan rest area benar-benar diperhatikan.

"Bapak Presiden memberikan catatan kepada kami kalau mudik itu pastikan jumlah [rest area] itu cukup, berkaitan dengan rest area," katanya melalui konferensi pers di Istana Merdeka, Jumat (24/3/2023).

Baca juga: BUJT Bersiap Menjemput Berkah Cuan Lonjakan Pemudik Lebaran

Lebih lanjut, Budi menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang telah menyampaikan pesan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengenai pengaturan secara intensif titik transit di rest area, sehingga kendaraan tidak boleh lebih dari setengah jam di rest area dan lintasan yang perlu menjadi loop.

“Jadi bisa dikatakan mereka [pemudik] tidak boleh lebih dari setengah jam, lintasannya mesti loop, dan ada tambahan beberapa tempat di Cipali maupun di Merak, ada kantong-kantong [istirahat] itu," ujarnya.

Pemudik Capai 123,8 Juta Orang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemudik pada arus mudik Lebaran 2023 naik drastis dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Belajar dari Tragedi Brexit & Ancang-ancang Lonjakan Pemudik

Muhadjir mengatakan ada sekitar 123,8 juta orang yang akan menjalani perjalanan mudik pada Lebaran 2023 atau naik hampir 40 juta orang dibandingkan pada tahun lalu.

“Diperkirakan yang akan mudik nanti ada 123,8 juta orang yang mengalami kenaikan sangat drastis dibanding tahun lalu yang hanya 85 juta,” kata Muhadjir di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023).

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari Menteri Perdagangan dan Direktur Utama Pertamina terkait dengan stok bahan pokok termasuk BBM lancar dan aman.


Menko PMK Muhadjir Effendy / Kemenko PMK


Kemudian terkait inflasi jelang Lebaran 2023, Muhadjir menyebut bahwa kabar dari Menteri Dalam Negeri inflasi saat ini terkendali di angka 4,97 persen

“Dari pak Mendagri melaporkan bahwa inflasi terkendali yaitu berkisar antara 4,97 persen atau turun 0,18 persen dibanding bulan lalu yang mencapai 5,47 persen,” ucapnya.

Lalu, terkait pengamanan arus mudik dan balik 2023, pihak kepolisian lewat Kapolri akan menyiapkan personel sebanyak 148.261 orang dan menyiapkan juga 2787 posko mudik Lebaran 2023 ini. (Lukman Nur Hakim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.