Mengebut Pembangunan Rumah Menteri Jelang Perpindahan IKN

Progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri (RTJM) telah mencapai 78%. Ditargetkan selesai pada Juli.

Alifian Asmaaysi

17 Feb 2024 - 15.40
A-
A+
Mengebut Pembangunan Rumah Menteri Jelang Perpindahan IKN

Kantor Kementerian Koordinator 4 (Kemenko 4) yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kawasan IKN Nusantara. /WSBP

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengebut pembangunan rumah tapak jabatan menteri (RTJM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar rampung pada Juli 2024.

Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menjelaskan hingga periode 8 Februari 2024, progres pembangunan RTJM hampir rampung dan telah mencapai 78%.

"Kalau pembangunan rumah tapak jabatan menteri tuh [progresnya] sudah 78%," jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Menagih Janji Prabowo–Gibran Melanjutkan Pembangunan IKN Nusantara Jika Menang Pilpres 2024

Adapun saat ini diperkirakan progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri telah bertambah pada kisaran 80%. Pasalnya, Danis menyebut rata-rata progres proyek di IKN dalam 1 minggu meningkat 2 hingga 3%.

Seiring dengan hal itu, Danis tisoptimis konstruksi rumah tapak jabatan menteri dapat mulai dilakukan commisioning pada Juni 2024 dan mulai siap ditinggali oleh para menteri yang hendak pindah ke IKN pada Juli 2024. 

 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mendampingi Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. /Instagram @smindrawati

 "Iya, bisa [selesai] dong. 5 bulan kan itu kurang lebih ada 20 minggu kalau rata-rata seminggu 2—3% [akan rampung Juli]," tambahnya.

Sebelumnya,  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan bakal pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024.

Baca juga: Basuki Hadimuljono Mau Pindah ke IKN Juli 2024, Pembangunan Rumah Menteri Dikebut

Basuki menjelaskan, dirinya telah mantap untuk tinggal di IKN apabila nantinya proses pemasangan utilitas sambungan air hingga listrik pada bangunan tinggal di IKN rampung dipasang

"Ya nanti kalau sudah jadi [akan pindah] kan air mau masuk bulan Juni 2024, Juli 2024. Nah, itu saya ke sana insyaallah saya yakin betul," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.