Mengebut Proyek Pipa Gas Bumi Terkoneksi Jawa—Sumatra

Setelah proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon—Semarang (Cisem) tahap I selesai, pemerintah bakal langsung melanjutkan pembangunan pipa gas Cisem tahap II, yakni ruas Batang—Kandang Haur Timur. Pemerintah juga membangun ruas transmisi Dumai—Sei Mangke sepanjang 400 km.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

30 Mei 2024 - 11.27
A-
A+
Mengebut Proyek Pipa Gas Bumi Terkoneksi Jawa—Sumatra

Seorang pegawai tengah memeriksa saluran pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS)./BISNIS

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah terus mengebut pembangunan pipa transmisi gas bumi Tanah Air agar potensi besar sumber energi tersebut bisa segera dioptimalkan pemanfaatannya bagi masyarakat dan industri dalam negeri.

Tak hanya di Pulau Jawa, proyek infrastruktur gas juga digencarkan di Sumatra sehingga harapannya dapat terkoneksi dari ujung timur Pulau Jawa hingga ke ujung barat Sumatra. Dengan demikian, pemanfaatan gas bumi menjadi makin optimal dan terjangkau bagi masyarakat.

Setelah proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon—Semarang (Cisem) tahap I selesai, pemerintah bakal langsung melanjutkan pembangunan pipa gas Cisem tahap II, yakni ruas Batang—Kandang Haur Timur, yang anggaran pembangunannya dimasukkan dalam APBN dengan skema multi years contract periode proyek 2024—2025.

Proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi Cisem yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut menjadi bagian dari rencana interkoneksi pipa transmisi Sumatra, Jawa bagian Barat, dan jaringan pipa transmisi Jawa bagian Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.