Mengebut Proyek Raksasa Hulu Migas di Timur Indonesia

Belakangan pemerintah bahkan menjadikan kawasan Indonesia timur sebagai salah satu wilayah yang bakal diandalkan ke depannya untuk memenuhi target produksi migas nasional. Setidaknya terlihat dari komitmen pemerintah yang terus mendorong serta mengawal percepatan berbagai proyek hulu migas di Papua.

Ibeth Nurbaiti

26 Nov 2023 - 18.55
A-
A+
Mengebut Proyek Raksasa Hulu Migas di Timur Indonesia

Ilustrasi kegiatan eksplorasi migas lepas pantai. Konsorsium Masela yakni Pertamina dan perusahaan migas asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad atau Petronas bersama dengan Inpex Masela Ltd. tengah berpikir untuk menggandeng mitra baru dalam pengerjaan rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD) proyek LNG Abadi Blok Masela. Istimewa/Dok. Pertamina Hulu Energi

Bisnis, JAKARTA — Kian sulitnya mengungkit produksi minyak dan gas bumi nasional tidak menyurutkan keinginan pemerintah untuk terus berusaha. Pemerintah bahkan lebih agresif lagi memacu optimalisasi potensi migas Tanah Air, termasuk di timur Indonesia.

Khusus di Indonesia bagian timur, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), setidaknya ada lima wilayah kerja yang terus didorong pemerintah untuk dioptimalkan pengelolaannya, seperti di wilayah kerja (WK) Seram, Buton, Timor, Aru, dan Warim.

Selain itu, pemerintah juga mendorong pengeboran sumur eksplorasi di kawasan lainnya, seperti sumur Riam-1 di Lapangan Walio Barat, Blok Kepala Burung, Kabupaten Sorong untuk mengoptimalkan potensi migas di Papua Barat.

Tak hanya itu, pemerintah juga terus mengejar revisi rencana pengembangan (plan of development/PoD) proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.