Mengejar 15 Bulan Tenggat Waktu Pembangunan IKN Tahap 1 Selesai

Hingga saat ini, pembangunan IKN tahap pertama telah mencapai 29,45 persen. Kementerian PUPR optimistis kontruksi IKN tahap 1 ini dapat selesai pada 2024 mendatang sehingga upacara peringatan kemerdekaan dapat dilaksanakan di IKN.

Yanita Petriella

2 Jun 2023 - 14.02
A-
A+
Mengejar 15 Bulan Tenggat Waktu Pembangunan IKN Tahap 1 Selesai

Presiden Jokowi saat berada di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23-2-2023) - Humas Setkab - Agung

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah terus mengebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pada 17 Agustus 2024 peringatan HUT ke-79 RI dapat diselenggarakan di halaman Istana Kepresidenan yang berada di IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Bahkan, Jokowi menekankan agar pada Agustus 2024 IKN sudah menjadi sebuah kota modern yang hidup. 

Hingga saat ini, pembangunan IKN tahap pertama telah mencapai 29,45 persen. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis kontruksi IKN tahap 1 ini dapat selesai pada 2024 mendatang sehingga upacara peringatan kemerdekaan dapat dilaksanakan di IKN.

“Saat ini, 36 paket pekerjaan sedang berjalan konstruksinya, dan sisanya 39 paket akan dimulai pada Juli 2023. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mulai eksekusi investasi dan menjadi bagian dari upaya mewujudkan mimpi rakyat Indonesia,” ujarnya dikutip Jumat (2/6/2023).

Pembangunan fisik tersebut juga termasuk fasilitas untuk penyediaan air bersih, seperti pembangunan waduk yang diklaim akan difungsikan dalam waktu dekat. Progres ini juga mencakup pembangunan hunian yang nantinya akan ditinggali oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri. Pemerintah diketahui akan memboyong 16.990 ASN dan TNI/Polri ke IKN Nusantara pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.