Mengejar Ketertinggalan Pertamina di Proyek Kilang

Dalam portofolio bisnis Pertamina, setidaknya terdapat 14 proyek kilang yang ditargetkan rampung hingga 2027 mendatang. Namun, pendanaan menjadi persoalan yang paling menonjol dalam pembangunan kilang di dalam negeri.

Ibeth Nurbaiti
24 Feb 2023 - 11.17
A-
A+
Mengejar Ketertinggalan Pertamina di Proyek Kilang

Kilang Balikpapan yang berlokasi di Kalimantan Timur. Sejauh ini, RDMP Balikpapan sudah menunjukkan kemajuan rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC) yang relatif signifikan, yakni sudah mencapai 60 persen pada awal tahun ini. Istimewa-Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Minimnya penyelesaian proyek kilang yang dikerjakan PT Pertamina (Persero) menjadi catatan kelam perusahaan migas pelat merah itu. Terlebih, sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2014, percepatan pembangunan kilang minyak menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN).

Dalam portofolio bisnis perseroan, setidaknya terdapat 14 proyek kilang yang ditargetkan rampung hingga 2027 mendatang. Sejumlah proyek tersebut diperkirakan bisa mendongkrak kapasitas pengolahan kilang Pertamina dari yang saat ini sekitar 1 juta barel per hari menjadi 1,4 juta barel per hari.

Baca juga: Rencana BBM Campur Metanol Mencuat, Erick Siapkan Bioetanol

Proyek kilang juga akan meningkatkan kapasitas produksi Pertamina dari kemampuan saat ini yang hanya 729.000 barel per hari menjadi 1,5 juta barel per hari.

Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini