Mengejar Target Tinggi PDB 2023, Ekonomi Indonesia Harus Berlari

Ekonomi dalam negeri harus dipacu cepat jika Indonesia ingin mengejar target PDB nominal yang tinggi. Jika konsumsi rumah tangga termasuk yang jadi andalan, pemerintah harus memastikan sumber pendapatan masyarakat juga bisa meningkat.

Saeno
Sep 14, 2022 - 12:19 PM
A-
A+
Mengejar Target Tinggi PDB 2023, Ekonomi Indonesia Harus Berlari

Ilustrasi/Antara

Bisnis, JAKARTA – Perekonomian dalam negeri dinilai harus bisa berlari cepat. Hal itu menjadi syarat jika Indonesia ingin mengejar target PDB nominal yang terbilang tinggi. Jika konsumsi rumah tangga termasuk yang jadi andalan, pemerintah harus memastikan sumber pendapatan masyarakat juga bisa meningkat.

Pemerintah harus melakukan perbaikan struktur ekonomi secara maksimal agar target PDB nominal tersebut bisa tercapai. Peningkatkan konsumsi domestik harus menggantikan ketergantungan Indonesia dari penerimaan ekspor.

Berdasar kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI target PDB Nominal dalam APBN 2023 mencapai Rp21.037,9 triliun. Target PDB Nominal 2023 itu naik hingga Rp3.000 triliun  dibandingkan estimasi realisasi tahun ini yang berada di kisaran Rp18.000 triliun.

PDB Nominal 2023 memang sejalan dengan asumsi makro dalam rancangan APBN tahun depan. Namun, ujar Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal, hal itu mensyaratkan pencapaian berbagai asumsi makro. Dengan begitu target PDB yang dipatok bisa terpenuhi.

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengejar Target Tinggi PDB 2023, Ekonomi Indonesia Harus Berlari

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ