Mengejar Thailand di Puncak Industri Mobil Asia Tenggara

Penjualan mobil di Asean pada paruh pertama tahun ini bertumbuh signifikan 23,2% menjadi 1,65 juta unit. Indonesia memimpin pasar, namun masih kalah dari sisi produksi dari Thailand.

Fatkhul Maskur
Aug 3, 2022 - 1:00 PM
A-
A+
Mengejar Thailand di Puncak Industri Mobil Asia Tenggara

Ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia, Februari 2022. - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Penjualan mobil di Asean pada paruh pertama tahun ini bertumbuh signifikan 23,2% menjadi 1,65 juta unit. Indonesia memimpin pasar, namun masih kalah dari sisi produksi dari Thailand. 

Berdasarkan data Asean Automotive Federation (AFF), sepanjang paruh pertama 2022 penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air sebanyak 475.321 unit. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari Thailand yaitu 457.622 kendaraan.

Paling banyak selanjutnya adalah Malaysia yang laku 331.386 unit. Lalu, Vietnam sebanyak 201.840 unit, Filipina sebanyak 154.874 unit, Singapura sebanyak 21.965 unit, dan Myanmar sebanyak 5.848 unit.

"Pasar sudah mulai normal," kata Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengomentari pencapaian penjualan otomotif Indonesia pada semester pertama 2022, baru-baru ini.

Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengejar Thailand di Puncak Industri Mobil Asia Tenggara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ