Mengembalikan Indonesia Jadi "Surga" Investasi Bagi Belanda

Pada kuartal I/2022 Belanda berada di peringkat ke 10. Sementara, pada kuartal II/2022 Negeri Kumpeni itu naik peringkat di posisi ke tujuh dari 10 negara asal investasi terbesar ke Indonesia. Untuk mengembalikan investasi Belanda berada di peringkat 5 tentu memburuhkan upaya tersendiri.

Saeno

13 Sep 2022 - 18.40
A-
A+
Mengembalikan Indonesia Jadi "Surga" Investasi Bagi Belanda

Bunga Tulip dan Kincir Angin, dua ikon Negeri Belanda yang terkenal di dunia. Belanda pernah masuk dalam peringkat 5 asal investasi di Indonesia./Wikipedia- Adam Jones-Getty Images

Bisnis, JAKARTA – Pada 2020, sebelum wabah Covid menghantam dunia, Belanda menjadi salah satu dari lima negara asal investasi terbesar di Indonesia. Covid mengubah konstelasi tersebut. Pada kuartal I/2022 Belanda berada di peringkat ke 10. Sementara, pada kuartal II/2022 Negeri Kumpeni itu naik peringkat di posisi ke tujuh dari 10 negara asal investasi terbesar ke Indonesia. Untuk mengembalikan investasi Belanda berada di peringkat 5 tentu memburuhkan upaya tersendiri.

Dua tahun lalu, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Belanda masuk dalam jajaran lima besar negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia. Data tersebut merupakan catatan realisasi investasi sepanjang triwulan III 2020, saat Negeri Keju itu resmi mengalami resesi akibat pandemi Covid-19.
 
Belanda masuk jurang resesi setelah mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi selama dua triwulan berturut-turut. Ekonomi Belanda terkontraksi 1,7 persen pada triwulan I 2020. Kontraksi berlanjut hingga 9,3 persen pada triwulan II 2020.
 
"Ini menarik juga, Eropa sekalipun pertumbuhan ekonomi mereka defisit, tapi animo, gairah mereka untuk investasi di Indonesia cukup luar biasa. Belanda ini juga dijadikan beberapa negara jadi hub sebenarnya," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam paparan realisasi investasi secara daring, seperti dilaporkan Antara, Jumat 23 Oktober 2020.


 
Saat itu, Bahlil mengatakan masuknya investasi Eropa itu menunjukkan kepercayaan terhadap Indonesia. Hal itu, lanjut Bahlil, juga merupakan dampak dari upaya pemerintah melakukan reformasi regulasi.
 
"Ini terkait trust, terkait persepsi. Yang selama ini dilakukan pemerintah dengan perubahan regulasi, ini sudah mulai bagus dampaknya," imbuh Bahlil.

Investasi Belanda ke Indonesia pada triwulan III/2020 mencapai 517,4 juta dolar AS dengan 758 proyek. Saat itu, Belanda berada di urutan kelima negara yang paling banyak berinvestasi di Indonesia setelah Singapura (US$2,5 miliar), China (US$1,1 miliar), Jepang (US$921 juta), Hong Kong (US$683 juta).
 
Secara kumulatif, investasi Belanda di Indonesia sepanjang Januari-September 2020 mencapai US$1 miliar dengan 1.773 proyek. Dengan capaian tersebut, Belanda berada di urutan keenam setelah Singapura (US$7,2 miliar), China (US$3,5 miliar), Hong Kong (US$2,5 miliar), Jepang (US$2,1 miliar) dan Korea Selatan (US$1,1 miliar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengembalikan Indonesia Jadi "Surga" Investasi Bagi Belanda

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.