Mengembalikan Laju Kredit Bank Usai Melambat Pada Masa Pemilu 2024

Pertumbuhan penyaluran kredit perbankan pada masa pesta demokrasi atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terjadi tren perlambatan, karena lesunya sejumlah segmen kredit.

Fahmi Ahmad Burhan & Arlina Satiti Mugi Laras

24 Mar 2024 - 15.23
A-
A+
Mengembalikan Laju Kredit Bank Usai Melambat Pada Masa Pemilu 2024

Ilustrasi suku bunga perbankan./ Dok. Freepik.

Bisnis, JAKARTA—Pertumbuhan penyaluran kredit perbankan pada masa pesta demokrasi atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terjadi tren perlambatan, karena lesunya sejumlah segmen kredit.

Berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), kredit yang disalurkan oleh perbankan pada Februari 2024 tercatat sebesar Rp7.047,1 triliun. Catatan tersebut tumbuh 11% secara tahunan (year on year/yoy), melambat setelah bulan sebelumnya atau Januari 2024 tumbuh sebesar 11,5% yoy. 

Adapun kondisi tersebut sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit pada debitur korporasi yang mencapai 13,3% yoy, dan debitur perorangan 8,6% yoy. Pertumbuhan penyaluran kredit ke debitur korporasi pada Februari 2024 terpantau stagnan di level 13,3%. Adapun, penyaluran kredit ke debitur perorangan melambat dari 9,8% pada Januari 2024 menjadi 8,6% pada Februari 2024.

Jika dirinci berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan penyaluran kredit pada Februari 2024 dipengaruhi oleh perkembangan kredit modal kerja, kredit investasi, maupun kredit konsumsi. Untuk kredit modal kerja, tumbuh 11,9% yoy, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 12,1% yoy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengembalikan Laju Kredit Bank Usai Melambat Pada Masa Pemilu 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.