Bisnis, JAKARTA – Sejak lama Indonesia dikenal kaya rempah dan bumbu dengan cita rasa yang otentik sehingga banyak dicari pasar dunia, bahkan kini sudah menjadi warisan budaya di dunia tata boga.
Dengan beragam komoditas rempah yang melimpah, berbagai daerah juga mampu menampikan produk olahan pangan khas nusantara yang patut dijaga kelestariannya dan dikembangkan pemasarannya.
Guna meningkatkan kontribusi rempah dan bumbu masak dalam menghasilkan devisa ekspor, pemerintah meluncurkan Program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia, serta mengangkat produk rempah dan bumbu masakan merek lokal Indonesia.
Terkait upaya perluasan pasar ekspor rempah dan bumbu masak tersebut Kementerian Perindustrian lantas mengincar nilai ekspor bumbu masak hingga US$2 miliar dolar. BPS mencatat ekspor bumbu dan aneka olahannya pada tahun lalu tumbuh 15% menjadi US$1,46 miliar