Mengenal iFace, Teknologi Antimaling BMW Motorrad

BMW Motorrad Boxer merupakan salah satu sepeda motor paling populer dan dicari di dunia, sayangnya juga di antara para pencuri. Untuk menjawab tantangan ini, BMW Motorrad menghadirkan BMW iFace.

Fatkhul Maskur

2 Apr 2023 - 13.40
A-
A+
Mengenal iFace, Teknologi Antimaling BMW Motorrad

BMW Motorrad iFace. - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - BMW Motorrad Boxer merupakan salah satu sepeda motor paling populer dan dicari di dunia, sayangnya juga di antara para pencuri. Untuk menjawab tantangan ini, BMW Motorrad menghadirkan BMW iFace.

BMW iFace adalah sistem pengenalan wajah yang membuat kunci kontak sebelumnya menjadi sempurna dan sekaligus melengkapi teknologi Keyless Go. BMW iFace dikembangkan bekerja sama dengan Profesor Gerhard Lesjoh, Kepala Institut Oftalmologi di Universitas Munich. 

Sistem ini menawarkan pengenalan wajah pengendara di satu sisi dan perbandingan iris-kornea mata untuk identifikasi pasti di sisi lain.

Pengenalan wajah menggunakan teknologi 3D terbaru yang terintegrasi ke dalam layar TFT BMW Motorrad ultra-modern, yang tidak terlihat dari luar. Ini dilakukan melalui proyeksi garis, sebuah teknologi yang telah digunakan selama bertahun-tahun misalnya dalam rekayasa terbalik. 

Dengan helm dilepas, wajah dipindai secara tiga dimensi dan biometrik. Gambar tiga dimensi ini selanjutnya dibandingkan dengan rekaman data yang disimpan dalam sistem. Jika kalibrasi positif, pengapian, kunci kemudi, dan fungsi penguncian lainnya dilepaskan dan pengendara dapat menghidupkan sepeda motor. 

Oleh karena pemindaian 3D bekerja dengan pemindaian inframerah, jenis pengenalan wajah ini juga bekerja dalam gelap.

Baca Juga: 

Tampilan Unik 7 Moge Penjelajah BMW Motorrad di Polandia


Otentikasi Maksimum

BMW iFace beroperasi sebagai sistem ganda untuk mencapai tingkat kenyamanan dan keamanan tertinggi. Misalnya, pengendara dapat diautentikasi baik menggunakan pengenalan wajah (tanpa helm) atau dengan pemindaian iris-kornea mata. 

Jenis otentikasi ini memungkinkan sistem untuk mengidentifikasi pengendara, bahkan dengan helm terpasang, karena hanya iris dan kornea yang dipindai dan dibandingkan dengan data yang disimpan dalam sistem.

Di sini juga, teknologi inframerah memastikan keandalan fungsional bahkan dalam gelap gulita. Selain itu, filter polarisasi khusus memungkinkan proses pemindaian bahkan melalui visor yang sangat berwarna dan bahkan bercermin, berbagai jenis kacamata dan lensa kontak. 

Pengendara memasukkan jenis visor dan alat bantu visual yang digunakannya saat ini di tampilan sebelum proses pemindaian menggunakan fungsi menu yang sesuai.

Jaringan BMW eCall dan iFace di seluruh dunia memungkinkan identifikasi pencuri. Jika terjadi percobaan pencurian, BMW iFace berkomunikasi dengan layanan darurat elektronik eCall. 

Pusat Panggilan BMW Motorrad tidak hanya menerima pesan yang sesuai tentang percobaan pencurian melalui kode khusus, tetapi data pindaian (pemindaian wajah atau mata) dan data posisi geografis saat ini ditransmisikan secara paralel ke database pusat internasional Polisi Federal. pihak berwajib.

Jika materi data yang sesuai ditemukan di sana, pencarian orang yang bersangkutan dapat segera dimulai. Jika tidak tersedia data yang sesuai, data pindaian yang dikirimkan akan disimpan dalam basis data ini untuk kemungkinan penggunaan di kemudian hari.

BMW iFace telah dikembangkan dan diuji dalam uji coba lapangan selama lebih dari 3 tahun. Uji coba tersebut melibatkan Kantor Investigasi Kriminal Negara Bagian Bavaria, dan perusahaan konsultan untuk perlindungan pencurian di Area Stuttgart-Stammheim, Swabia. 

"Terima kasih khusus kami tidak hanya kepada Kantor Investigasi Kriminal Negara Bagian Bavaria, tetapi terutama kepada Giovanni Häberle, pemilik perusahaan konsultan untuk perlindungan pencurian di Area Stuttgart-Stammheim, Swabia" kata Burkhard Hund, Kepala Perlindungan Pencurian di BMW Motorrad. 

BMW iFace akan dihadirkan di salah satu pameran mobil musim gugur 2023 dan awalnya akan digunakan pada model BMW Motorrad Boxer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.