Mengenal Istilah Kupon dalam Obligasi

Kupon merupakan salah satu komponen utama dari struktur pembayaran obligasi dan menjadi sumber pendapatan bagi investor sebagai pemegang obligasi. Kupon obligasi merujuk pada tingkat bunga tetap yang secara berkala dibayarkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

Redaksi

26 Feb 2024 - 14.44
A-
A+
Mengenal Istilah Kupon dalam Obligasi

Ilustrasi kupon. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Istilah-istilah dalam obligasi penting untuk diketahui oleh para investor yang akan melakukan investasi. Salah satu istilah yang sering ditemukan dalam obligasi adalah kupon.

Istilah kupon (interest rate) dalam obligasi merujuk pada nilai bunga yang diterima pemegang obligasi secara berkala. Biasanya, kupon obligasi dibayarkan setiap 3 atau 6 bulanan.

 

Karakteristik Kupon Obligasi

Kupon melibatkan dua elemen utama, yaitu tingkat bunga yang telah ditetapkan sejak awal dan frekuensi pembayaran bunga. Kupon obligasi sering dinyatakan sebagai persentase dari nilai nominal obligasi.

Kupon yang ditetapkan oleh korporasi atau pemerintah selaku penerbit obligasi ditentukan berdasarkan beberapa faktor, misalnya keadaan perekonomian dan tingkat suku bunga acuan.

Umumnya, besaran kupon obligasi mengikuti kondisi suku bunga acuan di pasar dengan tambahan selisih atau spread. Besaran spread ini tergantung pada peringkat surat utang tersebut dari lembaga pemeringkat serta dinamika permintaan dan penawaraan saat obligasi ditawarkan di pasar.

Adapun, penetapan tingkatan suku bunga acuan ditentukan oleh bank sentral suatu negara seperti Bank Indonesia. Bunga acuan tidak hanya digunakan oleh bank untuk menentukan kisaran tingkat persentase bunga tahunan yang mereka tawarkan, tetapi juga oleh penerbit surat utang dalam menentukan kupon mereka.

Baca Juga:

Proyeksi Kupon Hingga Penjualan Sukuk Ritel SR020 yang Terbit saat Ramadan

ORI025 Ditutup, Penjualan Hingga Rp23,98 Triliun

Membaca Arah Kinerja Pasar Modal Usai Pemilu

Gagal Bayar BUMN Karya, Pilpres, dan Prospek Pasar Obligasi 2024

 

Jenis Kupon Obligasi

Kupon dalam obligasi dibedakan berdasarkan pola pembayaran bunga dan tingkat kupon yang ditawarkan, antara lain:

Kupon Tetap (Fixed Rate Coupon)

Kupon tetap atau fixed rate coupon (FR) merupakan jenis kupon obligasi yang memiliki tingkat bunga tetap sepanjang masa jatuh tempo obligasi. Tingkat bunga ditetapkan saat obligasi diterbitkan. Kupon FR cocok untuk investor yang mencari stabilitas pendapatan.

Kupon Mengambang (Floating Rate Coupon)

Kupon obligasi mengambang memiliki tingkat bunga yang dapat berubah sesuai dengan perubahan suku bunga pasar. Seringkali, tingkat kupon mengambang terkait dengan suku bunga acuan dengan tambahan spread tertentu. Investasi ini memberikan perlindungan terhadap risiko bunga yang berdapatasi dengan kondisi pasar yang dinamis.

Obligasi Tanpa Kupon (Zero-Coupon Bond)

Obligasi tanpa kupon dijual dengan diskon dari nilai nominal dan ditebus dengan nilai nominal saat jatuh tempo yang menjanjikan profit bagi pemegang obligasi. Investasi ini diperuntukan bagi orang-orang yang mencari pengembalian pada masa jatuh tempo. Jenis ini tidak memberikan pembayaran bunga secara berkala.


(Reporter: Muhammad Nishfi Azriel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.