Mengenal Penetration Testing Metode Perlindungan Serangan Hacker

Di era digital saat ini, perlindungan cyber security menjadi hal penting bagi setiap perusahaan. Dengan meningkatnya jumlah serangan siber yang terjadi, sangatlah penting untuk memastikan bahwa sistem digital perusahaan sudah terlindungi dengan baik.

Yanita Petriella

3 Feb 2023 - 20.11
A-
A+
Mengenal Penetration Testing Metode Perlindungan Serangan Hacker

Ilustrasi Hacker

Bisnis, JAKARTA – Di era digital saat ini, perlindungan cyber security menjadi hal penting bagi setiap perusahaan. Dengan meningkatnya jumlah serangan siber yang terjadi, sangatlah penting untuk memastikan bahwa sistem digital perusahaan sudah terlindungi dengan baik.

Salah satu cara yang efektif untuk memastikan hal tersebut adalah dengan melakukan penetration testing yang merupakan proses dalam mengevaluasi keamanan sistem dengan cara menyimulasikan serangan siber dari seorang hacker.

Tujuannya adalah untuk menemukan celah keamanan yang mungkin ada dalam sistem dan mengevaluasi dampak dari celah tersebut sebelum dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Penetration testing (Pentest) menjadi sebuah metode yang sangat efektif dalam mengevaluasi keamanan sistem. Hal ini dikarenakan metode ini mencoba untuk menemukan celah keamanan dari sudut pandang seorang hacker sehingga dapat memperbaiki celah tersebut sebelum attacker yang sebenarnya menemukannya.

Cybersecurity Engineer Fourtrezz Akas Wisnu Aji mengatakan metode penetration testing dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik seperti scanning, enumeration, dan exploitation yang mana merupakan teknik yang biasanya attacker gunakan.

“Pentest adalah salah satu metode yang tepat untuk upaya peningkatan keamanan siber sebuah sistem, khususnya untuk memperkecil kemungkinan terjadi insiden kebocoran data pada sistem. Dengan melakukan pentest, kita dapat mengetahui kelemahan sistem yang mungkin tidak diketahui sebelumnya, sehingga dapat diperbaiki sebelum digunakan oleh attacker yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya dikutip Jumat (3/2/2023).

Menurutnya, pentest adalah metode yang sangat penting untuk dilakukan dalam menjaga keamanan sistem. Dengan melakukan pentest, dapat mengetahui kelemahan sistem yang mungkin tidak diketahui sebelumnya sehingga dapat diperbaiki sebelum digunakan oleh attacker yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Daftar Hacker Indonesia Selain Bjorka


Selain itu, pentest bukan hanya tentang menebak password, membobol sistem keamanan atau melakukan serangan brute force. Pentest lebih fokus pada menemukan celah keamanan dalam konteks bisnis.

“Kami akan mengkaji proses bisnis atau fitur yang disediakan oleh suatu aplikasi, dan mencari potensi celah keamanan yang mungkin ada. Kemudian kami akan mengevaluasi dampak dan risiko yang dapat ditimbulkan dari celah keamanan tersebut,” katanya. 

Implementasi terbaik dari pentest bisa dilakukan dengan berbasis waktu seperti setiap tahun atau berbasis kebutuhan. Pada kebutuhan seperti ketika sebuah perusahaan merilis aplikasi baru atau pembaruan aplikasi. Pentest biasanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan grey box. Nantinya, pentester akan menerima informasi terkait fitur-fitur yang ada pada aplikasi sebelum melakukan pengujian.

“Melakukan pentest menjadi sangat penting karena ancaman siber yang semakin beragam dan berubah setiap saat, dengan melakukan pentest kita dapat mengetahui celah keamanan yang mungkin tidak terdeteksi dan dapat mengambil tindakan untuk memperbaikinya sebelum ancaman tersebut menyebar. Kondisi saat ini sangat dinamis sehingga kita tidak bisa mengacu pada satu policy yang statis,” tuturnya. 

Dia menilai penetration testing merupakan solusi terbaik untuk mencegah serangan siber pada sebuah bisnis. Melalui pentest, dapat ditemukan celah keamanan dalam aplikasi atau sistem digital perusahaan dan dari penemuan tersebut akan diberikan rekomendasi untuk memperbaiki masalah sebelum serangan siber sebenarnya terjadi.

“Serangan siber dapat menimbulkan kerugian finansial yang signifikan, kerusakan reputasi yang merugikan, dan bahkan kehilangan pelanggan yang berharga. Oleh karena itu, menjaga keamanan sistem dengan melakukan pentest secara teratur sangat penting untuk menghindari potensi kerugian yang disebabkan oleh serangan siber. Pentest dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah keamanan sebelum serangan siber terjadi,” terang Akas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.