Mengenal Perbedaan Investasi dan Trading

Sebagai pemula, Anda perlu menggali karakter untuk mengetahui mana yang paling cocok, apakah menjadi investor atau trader. Simak uraian berikut untuk mengenal perbedaan antara investasi dan trading.

Redaksi

22 Feb 2024 - 10.12
A-
A+
Mengenal Perbedaan Investasi dan Trading

Bisnis, JAKARTA — Secara umum, menghasilkan uang dari pasar modal terdiri atas dua pendekatan, yaitu investasi dan trading. Anda mungkin sudah familiar dengan dua kata  tersebut, tetapi tahukah Anda perbedaan antara investasi dan trading? Selain itu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya?

Sebagai pemula, Anda perlu menggali karakter untuk mengetahui mana yang paling cocok, apakah menjadi investor atau trader. Simak uraian berikut untuk mengenal perbedaan antara investasi dan trading.

 

Perbedaan Investasi dan Trading

Salah satu perbedaan antara investasi dan trading adalah perihal penyebutan untuk pelakunya. Orang yang melakukan kegiatan investasi disebut investor, sedangkan penyebutan bagi yang melakukan trading adalah trader.

Walaupun investor dan trader sama-sama melakukan jual-beli instrumen investasi di pasar modal, hal utama yang membedakan keduanya tidak terletak pada apa yang ditransaksikan, melainkan kapan transaksi terjadi.

Secara umum, kami telah merangkum perbedaan antara investasi dan trading yang dapat dibagi menjadi 4 hal, yakni prinsip dan tujuan, strategi, risiko, serta manfaat yang akan diperoleh.

Baca Juga:

Membaca Arah Kinerja Pasar Modal Usai Pemilu

Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

Membaca Fengsui Pasar Saham di Tahun Naga Kayu

Membaca Arah Gerak IHSG di Bulan Pemilu
 
Prospek Saham Nikel Terpantik Estafet Penghiliran Jokowi
 
Saham-saham Yang Terpantik Kemenangan Prabowo-Gibran
 
Optimisme Pasar Saham & Konglomerat Usai Prabowo-Gibran Unggul Quick Count Pilpres 2024 

 

   Prinsip dan Tujuan

Perbedaan investor dan trader yang pertama adalah prinsip dan tujuannya. Seorang investor memiliki prinsip buy and hold, yaitu membeli saham dan menyimpannya dalam waktu yang cukup panjang.

Oleh karena itu, dapat dikatakan investasi merupakan kegiatan yang tujuannya adalah untuk menghasilkan uang dalam jangka waktu yang panjang.

Sebaliknya, trader memiliki prinsip buy and sell. Artinya, trader melakukan pembelian dan penjualan berdasarkan analisa terhadap grafik pergerakan saham untuk memperoleh keuntungan. Dengan kata lain, trading bertujuan menghasilkan keuntungan secepatnya.


 

    Strategi

Bagi seorang investor, keputusannya tidak dipengaruhi oleh fluktuasi (perubahan harga) di pasar. Sebaliknya, seorang investor akan mempelajari faktor-faktor lain seperti potensi pertumbuhan perusahaan di masa depan, mengingat tujuannya adalah keuntungan jangka panjang.

Adapun dalam trading, seorang trader terikat dengan fluktuasi harga jangka pendek,misalnya dalam hitungan hari atau minggu. Sebab, fluktuasi pasar sangat mempengaruhi keputusan trader.

 

    Risiko

Menjadi seorang investor maupun trader, masing-masing terikat dengan risiko yang dapat menghabiskan sebagian atau pun seluruh uang Anda, tetapi takarannya berbeda.

Investasi dapat dikatakan minim risiko, tetapi potensi keuntungannya (profit) terbilang rendah untuk jangka pendek. Meskipun demikian, investasi memiliki potensi keuntungan yang sama besar pada jangka panjang.

Dalam trading, risiko kerugian sangatlah tinggi, meski peluang keuntungan dalam waktu singkat juga tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan investasi, dikarenakan trading sangat bergantung pada fluktuasi pasar.

 

    Manfaat

Perbedaan yang terakhir adalah terkait manfaat (benefit) yang didapatkan. Manfaat dalam konteks ini merujuk pada keuntungan atau hasil positif lain yang bisa diperoleh oleh investor atau trader dalam pasar modal.

Bagi investor saham, manfaat yang bisa diperoleh yakni berupa pemecahan saham (stock split) yang membuat harga saham lebih terjangkau dan likuid, dividen yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham, serta capital gain yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual saham.

Sementara itu, bagi trader, manfaatnya lebih terfokus pada keuntungan yang bisa diperoleh melalui transaksi jual-beli saham dalam jangka pendek.

Salah satu strategi yang digunakan oleh trader untuk melindungi keuntungannya adalah dengan menetapkan batasan take profit, yang merupakan titik di mana trader akan menjual saham untuk membatasi keuntungan yang diterima.

Dengan demikian, baik investor maupun trader dapat memperoleh manfaat atau keuntungan dari aktivitasnya di pasar modal, meskipun pendekatannya bisa berbeda.

 

Penjelasan di atas merupakan sebagian dari banyaknya pembeda antara investasi dan trading. Setelah mengetahui perbedaan keduanya Anda dapat menentukan karakter yang cocok bagi Anda, sebagai investor atau trader.


(Reporter:Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.