Mengenal Uni Wheel, Paradigma Baru Desain Penggerak Roda Mobil

Hyundai Motor dan Kia Corp meluncurkan Sistem Penggerak Roda Universal yang disebut Uni Wheel di Seoul, Korea, Rabu (29/11/2023). Sistem penggerak kendaraan yang mengubah paradigma ini akan merevolusi desain perangkat mobilitas masa depan.

Fatkhul Maskur

2 Des 2023 - 19.36
A-
A+
Mengenal Uni Wheel, Paradigma Baru Desain Penggerak Roda Mobil

Uni Wheel membuka kemungkinan baru dan memungkinkan konfigurasi lantai datar dengan menggerakkan gigi reduksi EV di dalam hub roda. - Foto Hyundai

Bisnis, JAKARTA-Hyundai Motor dan Kia Corp meluncurkan Sistem Penggerak Roda Universal yang disebut Uni Wheel di Seoul, Korea, Rabu (29/11/2023). Sistem penggerak kendaraan yang mengubah paradigma ini akan merevolusi desain perangkat mobilitas masa depan.

Uni Wheel adalah sistem penggerak roda terintegrasi secara fungsional yang secara dramatis meningkatkan ruang yang tersedia di dalam kendaraan listrik (EV) dengan memindahkan komponen sistem penggerak utama ke ruang kosong di dalam hub roda.

Dalam melakukannya, Hyundai Motor dan Kia telah merancang struktur sistem penggerak yang benar-benar baru.

Pada kendaraan dengan mesin pembakaran dalam (ICE), tenaga disalurkan dari mesin melalui transmisi dan ke roda melalui poros penggerak dan sambungan kecepatan konstan (CV).

Pada kendaraan listrik, mesin dan transmisi digantikan oleh motor dan gigi reduksi, namun metode akhir transmisi ke roda tetap sama.

Uni Wheel membuka kemungkinan baru dan memungkinkan konfigurasi lantai datar dengan menggerakkan gigi reduksi EV di dalam hub roda, menempatkan motor individu kompak di dekat setiap roda, sehingga mengurangi panjang poros penggerak.

Sistem ini membebaskan lebih banyak ruang interior secara signifikan dibandingkan dengan sistem penggerak konvensional, sehingga memungkinkan produk mobilitas masa depan dioptimalkan untuk berbagai aplikasi, seperti purpose built vehicles (PBVs).

“Kami sangat senang dapat menampilkan ide-ide inovatif yang dapat mengubah permainan di pasar mobilitas masa depan,” kata Jongsool Park, Senior Fellow di Institute of Advanced Technology Development Hyundai Motor Group.

“Kami akan menyempurnakan teknologinya sehingga pelanggan dapat merasakan mobilitas dengan cara yang benar-benar berbeda dan baru.”

Uni Wheel

Mobilitas Masa Depan

Kemajuan terkini dalam teknologi elektrifikasi, kendaraan otonom, dan konektivitas mengubah produk mobilitas menjadi ruang hidup.

Fokus Hyundai Motor dan Kia pada pemanfaatan ruang dalam arsitektur kendaraan masa depan akan semakin meningkatkan nilai pelanggan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya kepada pemilik.

Uni Wheel menggunakan konfigurasi roda gigi planetary khusus yang terdiri atas roda gigi matahari di tengah, empat roda gigi pinion di setiap sisinya, dan roda gigi ring yang mengelilingi susunan ini.

Tenaga yang dihasilkan oleh motor disalurkan ke sun gear, yang kemudian mengaktifkan pinion gear untuk memutar ring gear. Ini terhubung ke roda untuk menggerakkan kendaraan.

Roda gigi pinion Uni Wheel dihubungkan satu sama lain untuk membentuk dua hubungan, dan mekanisme multi-tautan ini memungkinkan pergerakan multi-sumbu Uni Wheel untuk memungkinkan artikulasi suspensi yang luas.

Sistem penggerak konvensional yang menggunakan sambungan CV biasa mengalami penurunan efisiensi dan daya tahan karena sudut defleksi poros penggerak meningkat saat melewati permukaan bergelombang dan bergelombang.

Uni Wheel diklaim dapat menyalurkan tenaga hampir tanpa perubahan efisiensi terlepas dari pergerakan roda, memastikan daya tahan tinggi dan kenyamanan berkendara.

Jika dipadukan dengan suspensi udara elektronik yang dapat menyesuaikan ketinggian pengendaraan sesuai dengan situasi berkendara, hal ini dapat ditingkatkan untuk menstabilkan kendaraan di jalan yang tidak rata, atau diturunkan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi guna meningkatkan tenaga dan stabilitas.

Dengan memindahkan gigi reduksi ke hub roda, rasio reduksi Uni Wheel yang tinggi menghasilkan output torsi yang signifikan dan memungkinkan motor listrik menjadi lebih kompak. Dengan kontrol independen hingga empat unit penggerak listrik yang efisien, Uni Wheel juga memungkinkan tingkat vektor torsi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan dinamis dan menghasilkan kemudi tingkat tinggi serta stabilitas berkendara.

Uni Wheel

LEBIH EFISIEN

Konsep Uni Wheel mengosongkan ruang di dalam kendaraan yang sebelumnya tidak tersedia bagi pengguna. Dengan merelokasi banyak komponen sistem penggerak ke hub roda dan memperkecil ukuran motor listrik tanpa berdampak pada performa, ruang ekstra yang tersedia di dalam bodi kendaraan dapat dimanfaatkan sebagai ruang kargo tambahan, seperti bagasi lebih besar atau frunk.

Dimungkinkan juga untuk beralih dari pengaturan tempat duduk konvensional yang dirancang sesuai kebutuhan pengemudi, menciptakan tata letak dan desain interior baru untuk era berkendara yang sepenuhnya otonom.

Memanfaatkan ruang ini untuk meningkatkan kapasitas baterai juga dapat meningkatkan jangkauan berkendara, artinya pengguna dapat mencapai jangkauan EV yang besar tanpa menambah ukuran fisik kendaraan.

Perkembangan yang dimungkinkan oleh Uni Wheel juga akan meningkatkan ruang penumpang secara signifikan. Baterai EV biasanya ditempatkan di bagian bawah badan kendaraan sehingga memerlukan ketinggian pengendaraan yang lebih.

Hal tersebut sering kali mengurangi ruang penumpang karena volume baterai. Namun, Uni Wheel mengoptimalkan kemasan baterai, dengan meminimalkan hilangnya ruang penumpang.

Ini akan menjadi fitur berharga bagi PBV, yang perlu memaksimalkan ruang interior dengan menawarkan desain lantai rendah dan datar.

Platform lantai datar yang diaktifkan oleh Uni Wheel memungkinkan fleksibilitas dan skalabilitas yang kuat ketika berhubungan dengan PBV, memungkinkan desain berbagai tipe bodi tergantung pada kasus penggunaan yang dimaksudkan.

Uni Wheel sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan semua jenis kendaraan listrik, termasuk kendaraan penumpang reguler dan kendaraan listrik berperforma tinggi, karena sistem ini dapat menerapkan fungsi powertrain dan gigi reduksi yang sama dengan yang diperlukan untuk kendaraan listrik konvensional.

Selain kendaraan dengan berbagai ukuran, Uni Wheel juga dapat diaplikasikan pada jenis alat mobilitas lainnya, seperti kursi roda, sepeda, dan robot pengantar barang.

Bergantung pada kebutuhan berbagai bentuk mobilitas ini, Uni Wheel dapat diskalakan agar berfungsi dengan ukuran roda sekecil 4 inci dan sebesar 25 inci atau lebih.

Selain itu, kemampuan Uni Wheel dalam menggerakkan sumbu putaran roda memungkinkan terciptanya bentuk mobilitas pribadi yang dapat menaiki tangga semulus eskalator.

Hyundai Motor dan Kia terus memverifikasi stabilitas, efisiensi, dan ketahanan Uni Wheel melalui berbagai pengujian untuk menyempurnakan pengembangannya dan akan terus berupaya meningkatkan efisiensinya dengan menyesuaikan rasio roda gigi reduksi, serta meningkatkan sistem pelumasan dan pendinginan.

Hyundai Motor dan Kia telah mengajukan dan mendaftarkan delapan paten terkait Uni Wheel di Korea Selatan serta Amerika Serikat dan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.