Bisnis, JAKARTA - Di tengah pengetatan pasok cip oleh Amerika Serikat, pabrikan merek lokal semakin mendominasi penjualan di pasar domestiknya. Sementara Tesla berupaya mendongkrak penjualan dengan memberi lebih banyak insentif kepada pembelinya.
Penjualan mobil listrik plug-in global sepanjang Januari-April 2023 mencapai 3,723 juta unit, mencatat peningkatan 40,1% (year on year). Dari total penjualan itu, pasar China mengontribusi 2,126 juta unit atau memangsa 57,1% pasar.
Di pasar China, seperto dilaporan SNE Research, pengsa mobil listrik merek asing seperti Tesla, Volkswagen, dan BMW terlihat berada dalam tren yang menurun sejak beberapa tahun terakhir.
Pada 2020, merek asing menguasai 27,4% pangsa mobil listrik di pasar China, lalu menyusut menjadi 22,3% pada 2021. Pada 2022, kontribusi merek asing tinggal 16,9%. Adapun sepanjang empat bulan pertama tahun ini, performa itu tidak banyak berubah.