Menggodok Aturan setelah BEI Jadi Penyelenggara Bursa Karbon

Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah menyiapkan peraturan mengenai perdagangan Bursa Karbon setelah ditunjuk oleh OJK sebagai penyelenggara perdagangan karbon.

Annisa Kurniasari Saumi

19 Sep 2023 - 17.24
A-
A+
Menggodok Aturan setelah BEI Jadi Penyelenggara Bursa Karbon

Emisi karbon yang dihasilkan perusahaan. /Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan tengah menggodok peraturan mengenai Bursa Karbon setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin usaha ke BEI sebagai penyelenggara Bursa Karbon.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan saat ini BEI tengah melakukan finalisasi peraturan Bursa Karbon. Menurutnya, sesuai POJK 14/2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon, maka Bursa Karbon akan memperdagangkan unit karbon yang tercatat di Sistem Registrasi Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI).

"Pada tahap awal ini yang ditargetkan adalah membangun infrastruktur dan ekosistem bursa karbon yang baik," kata Jeffrey, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: Begini Skema Perdagangan Bursa Karbon BEI

Dia menjelaskan infrastruktur dan ekosistem Bursa Karbon yang baik adalah di mana terdapat cukup supply dan demand, serta pengembangan sistem perdagangan dan pengawasan yang semakin baik. 

Menurut Jeffrey, selain BEI, nantinya Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga akan berperan untuk penyelesaian dana dalam perdagangan Bursa Karbon ini.


Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Lebih lanjut, Jeffrey menuturkan mulai hari ini, BEI melakukan sosialisasi kepada emiten mengenai Bursa Karbon.

"Kami juga berharap saat hari peluncuran, akan ada perdagangan karbon yang terjadi," tutur dia.

Sebagai informasi, Keputusan izin usaha Bursa Karbon tersebut tercantum dalam surat keputusan OJK nomor KEP-77/D.04/2023 tertanggal 18 September 2023. Pemberian izin usaha ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Anggota Dewan Komisioner dimaksud. 

Baca juga: Harga Minyak Melambung Dibayangi Stok Menipis

Pemberian izin usaha kepada BEI sebagai Penyelenggara Bursa Karbon didasarkan pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Izin usaha ini juga didasarkan pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 12/SEOJK.04/2023 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.