Menghadirkan Ekonomi Biru di Kawasan Wisata Laut

Salah satu wilayah pesisir Indonesia yang sejak lama berupaya mengadaptasi sistem pengelolaan sumber daya laut secara berkelanjutan adalah KBA Wabula di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Rustam Agus

31 Mar 2022 - 15.30
A-
A+
Menghadirkan Ekonomi Biru di Kawasan Wisata Laut

Kekayaan biodiversitas perairan laut / Antara

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah berupaya menghadirkan konsep pemanfaatan sumber daya yang harmonis antara kepentingan investasi termasuk pariwisata dan pengelolaan perairan laut yang lestari.

Maklum Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 65 persen dari tota luas negara berupa perairan laut.

Karena itu berbagai instansi terkait dituntut mewujudkan ekonomi biru yang seimbang dan lestari dalam memanfaatkan sumber daya kelautan di berbagai wilayah.  

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) misalnya, mulai tahun ini menerapkan aktivitas penangkapan ikan terukur sebagai salah satu upaya mewujudkan ekonomi biru agar kekayaan laut terjaga kelestariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.