Menghitung Dana Rp4,46 Miliar dan Beban BPJS Kesehatan

Jika dana tersebut tidak cukup untuk mendanai operasional penyelenggaraan program jaminan sosial kesehatan, BPJS Kesehatan dapat mengajukan usulan perubahan dana operasional kepada Menteri Keuangan.

Saeno

11 Jan 2023 - 12.35
A-
A+
Menghitung Dana Rp4,46 Miliar  dan Beban BPJS Kesehatan

Ilustrasi-aryawan melayani peserta di salah satu kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Terhitung sejak 1 Januari 2023 BPJS Kesehatan mendapat alokasi dana operasional 2023 sekitar Rp4.46 miliar./Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Terhitung mulai 1 Januari 2023 BPJS Kesehatan mendapat suntikan dana sekitar Rp4.46 miliar. Dana tersebut diberikan pemerintah sebagai “pelumas” agar operasional BPJS Kesehatan bisa berjalan. Jika dana tersebut tidak cukup untuk mendanai operasional penyelenggaraan program jaminan sosial kesehatan, BPJS Kesehatan dapat mengajukan usulan perubahan dana operasional kepada Menteri Keuangan.

Demikian ditetapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Peraturan Menteri  Keuangan nomor 236/pmk.02/2022 tentang Dana Operasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Tahun 2023.

PMK yang terdiri atas 5 pasal tersebut  menjelaskan bahwa dana operasional BPJS Kesehatan diambil dari Dana Jaminan Sosial Kesehatan.

Alokasi untuk BPJS Kesehatan  tahun 2023 paling banyak sebesar 2,89 persen dari Dana Jaminan Sosial Kesehatan atau sebesar  Rp4.464.956.000.000,00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.