Menghitung Ketahanan Pangan di Tengah Kerawanan Global

Berbeda dengan isu suku bunga bank sentral dan ancaman resesi sebuah negara, kerawanan pangan menjadi isu yang bergerak merangkak dari negara-negara miskin.

Saeno

30 Mei 2023 - 19.57
A-
A+
Menghitung Ketahanan Pangan di Tengah Kerawanan Global

Menghadapi ancaman pangan, banyak negara di dunia pun berupaya mengamankan stok pangannya masing-masing./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Diakui atau tidak, di tengah kondisi global yang centang perenang saat ini, keamanan pangan menjadi isu yang menakutkan. Berbeda dengan isu suku bunga bank sentral dan ancaman resesi sebuah negara, kerawanan pangan menjadi isu yang bergerak merangkak dari negara-negara miskin.

Namun, ancaman itu senyatanya tidak hanya terjadi di negara miskin. Ketika produksi pangan dunia tidak mencukupi, negara-negara besar pun tidak akan bisa bertahan hidup dengan berbagai kekayaannya tanpa memiliki stok pangan.

Eric Weiner, dalam bukunya The Geography of Bliss: One Grump's Search for the Happiest Paces in the World, menggambarkan situasi ironis sekaligus tragis saat hanya ada uang di sekitar kita, tanpa ada sumber pangan.

“Ketika pohon terakhir ditebang, ketika sungai terakhir dikosongkan, ketika ikan terakhir ditangkap, barulah manusia akan menyadari bahwa dia tidak dapat memakan uang,” begitu pernyataan Weiner yang menjadi salah satu kutipan popular di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.