Menghitung Peluang GOTO Menuju Laba Usai Rugi Rp40 Triliun

Ambisi GOTO untuk segera membukukan laba, atau setidaknya EBITDA Adjusted positif pada kuartal terakhir tahun ini, bakal sangat menantang setelah perseroan melaporkan kerugian yang masif sepanjang 2022. Namun, masih ada harapan bagi target tersebut untuk bisa direngkuh.

Emanuel Berkah Caesario

21 Mar 2023 - 22.16
A-
A+
Menghitung Peluang GOTO Menuju Laba Usai Rugi Rp40 Triliun

Foto: Dok. GoTo

Bisnis, JAKARTA — PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. melaporkan kerugian fantastis untuk periode 2022, yakni tembus Rp40,5 triliun, melonjak 56 persen dibanding tahun sebelumnya. Namun, hal ini tidak menyurutkan optimisme perseroan untuk mewujudkan target laba pada kuartal terakhir tahun ini.

Kerugian emiten teknologi berkode GOTO ini memang bukanlah murni dari bisnis intinya. Senilai Rp11 triliun dari kerugian tersebut berasal dari penurunan nilai goodwill atau goodwill impairment seiring dengan merger yang dilakukan Gojek dan Tokopedia.

Ini adalah aset tak berwujud. Dengan kata lain, tak ada dampak langsung pada kas perseroan. Perhitungan goodwill pada 2022 tinggal Rp82,8 triliun, turun dari tahun sebelumnya Rp93,8 triliun. Ini tidak akan menjadi peristiwa berulang tiap tahun.

Selain itu, kerugian juga disumbangkan oleh penurunan nilai investasi di JD dan adanya beban restrukturisasi. Peningkatan beban kompensasi berbasis saham karena adanya penyesuaian asumsi masa kerja karyawan juga turut berkontribusi pada kinerja bottom line GOTO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menghitung Peluang GOTO Menuju Laba Usai Rugi Rp40 Triliun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.