Mengintip di Balik Alasan Warga Jakarta Betah Tinggal di Rusun

Mayoritas warga penghuni rusun sederhana di Ibu Kota Jakarta cenderung puas dengan keadaan tempat tinggalnya.

Yanita Petriella

25 Mar 2023 - 15.56
A-
A+
Mengintip di Balik Alasan Warga Jakarta Betah Tinggal di Rusun

Rusun Pasar Rumput Jakarta

Bisnis, JAKARTA – Selama ini terdapat kecenderungan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memilih rumah tapak dibandingkan rumah susun (rusun) sederhana sebagai tempat tinggal. Padahal, tinggal di rumah susun menjadi salah satu alternatif hunian terjangkau di pusat kota ketimbang rumah tapak yang lokasinya sangat jauh. 

Untuk diketahui, meskipun berbentuk bangunan vertikal, namun rusun dan apartemen ini berbeda. Adapun apartemen merupakan hunian dengan target pasar menengah ke atas, sedangkan rusun lebih fokus memberikan hunian untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah atau MBR. Oleh karena itu, perbedaan harga dan fasilitas gedung dari keduanya juga sangat signifikan. 

Rusun memiliki beberapa jenis yakni rusun komersial yang dibangun oleh swasta atau pengembang, rusunami (rumah susun milik) yang dibangun pemerintah, rusunawa (rumah susun sewa) milik pemerintah, rusun khusus, dan rusun negara. 

Tentu rusun ini juga menjadi sebuah peluang penyediaan perumahan vertikal berpeluang menjadi solusi kebutuhan hunian bagi MBR dan relokasi warga secara jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengintip di Balik Alasan Warga Jakarta Betah Tinggal di Rusun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.