Mengintip Kinerja Moncer Pelabuhan Pelindo Pasca Bersolek Merger

Sudah hampir setahun dilakukan sejak 1 Oktober 2021 lalu, empat BUMN pelabuhan merger menjadi satu PT Pelindo (Persero). Meskipun belum ada setahun, namun terdapat sejumlah dampak positif yang dirasakan pelabuhan setelah merger.

Dany Saputra

7 Sep 2022 - 21.05
A-
A+
Mengintip Kinerja Moncer Pelabuhan Pelindo Pasca Bersolek Merger

Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta

Bisnis, JAKARTA – Sudah hampir 1 tahun, sejak 1 Oktober 2021 lalu, merger Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia I, Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia III, dan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV, melebur kedalam Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia II yang menjadi surviving entity.

Nama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelabuhan pasca merger tak ada lagi embel – embel angka I, I,II,II, atau IV melainkan hanya PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Sebelum merger ada empat entitas Pelindo, yakni Pelindo I, Pelindo II/IPC, Pelindo III, dan Pelindo IV yang beroperasi berdasarkan cakupan wilayah.

Ketika itu, Kementerian BUMN mengungkapkan salah satu alasan dilakukan merger Pelindo I-IV bertujuan menekan biaya logistik dalam negeri. Biaya logistik di Indonesia tercatat mahal jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Pasalnya, biaya logistik dalam negeri berada di angka 24 persen, sementara negara-negara lain hanya mencatatkan sebesar 11 persen. Tentunya, dengan penggabungan Pelindo diharapkan membuat operasional perusahaan lebih efisien.

Dari penggabungan tersebut melahirkan empat sub holding sesuai dengan klaster bisnis yang dimiliki Pelindo selama ini. Pertama, kegiatan bisnis peti kemas dialihkan ke sub holding peti kemas yang berkantor di Surabaya secara bertahap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengintip Kinerja Moncer Pelabuhan Pelindo Pasca Bersolek Merger

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.