Mengintip Potensi Cuan GOTO Jelang Rilis Kinerja

Emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) berpeluang meraup pundi-pundi dari komisi biaya yang terjadi di Tokopedia selama Ramadan. Mengingat, GOTO akan mendapatkan biaya komisi atas gross merchandise value (GMV) yang terjadi di Tokopedia atau Tiktok Shop.

Annisa Kurniasari Saumi

18 Mar 2024 - 20.45
A-
A+
Mengintip Potensi Cuan GOTO Jelang Rilis Kinerja

Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA— Emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) berpeluang meraup pundi-pundi dari komisi biaya yang terjadi di Tokopedia selama Ramadan. Mengingat, GOTO akan mendapatkan biaya komidi atas gross merchandise value (GMV) yang terjadi di Tokopedia atau Tiktok Shop. 

Sekadar informasi,  GMV adalah nilai transaksi secara keseluruhan yang dilakukan pengguna pada suatu platform. GOTO dalam hal ini akan mengeluarkan laporan keuangan tahun 2023 pada Selasa, 19 Maret 2023.

Bila menilik dari hasil laporan GOTO pada periode kedua tahun lalu saat Ramadan berlangsung antara 22 Maret sampai 21 April, terjadi transaksi yang jumlah mencapai puluhan triliun. Pada kuartal II/2023, Tokopedia mencatatkan GTV sebesar Rp58,68 triliun. Adapun pada kuartal I/2023, Tokopedia membukukan GTV sebesar Rp62,8 triliun. Total GTV GOTO selama semester I/2023 mencapai Rp121,4 triliun.

Hal yang dicermati adalah perjanjian antara GOTO dengan Tiktok adalah biaya komisi pada GMV, terlepas dari keberhasilan dan kegagalan transaksi tersebut. Artinya perseroan akan tetap mendapatkan pendapatan yang langsung masuk ke bottom line perseroan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengintip Potensi Cuan GOTO Jelang Rilis Kinerja

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.