Mengintip PSN Baru Pengembangan Kawasan PIK dan BSD, Hadiah Jokowi atas IKN

Sugianto Kusuma dan Franky Oesman Widjaja ini tergabung dalam Konsorsium Nusantara yang pada September 2023 lalu mulai membangun Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

Yanita Petriella

24 Mar 2024 - 17.12
A-
A+
Mengintip PSN Baru Pengembangan Kawasan PIK dan BSD, Hadiah Jokowi atas IKN

Ilustrasi konstruksi PSN

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menetapkan 14 proyek strategis nasional (PSN) baru yang akan mulai dibangun pada tahun ini. Dari 14 PSN tersebut terdapat 2 proyek properti yakni kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Bumi Serpong Damai (BSD) yang masuk dalam daftar PSN baru. 

Adapun kawasan PIK khususnya PIK 2 dikembangkan Agung Sedayu Group dan PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) yang dipimpin langsung oleh Sugianto Kusuma atau Aguan, sedangkan pengembangkan BSD City oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang merupakan emiten properti miliki Sinar Mas Land dikepalai eksekutif oleh Franky Oesman Widjaja, putra dari almarhum Eka Tjipta Widjaja pemilik Sinar Mas Group. 

Sugianto Kusuma dan Franky Oesman Widjaja ini tergabung dalam Konsorsium Nusantara yang pada September 2023 lalu mulai membangun Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur. Pada groundbreaking hotel tersebut, Presiden Jokowi sempat mengucapkan terima kasih kepada Aguan dan Franky serta pengusaha lainnya yang tergabung dalam konsorsium Nusantara. 

Asisten Deputi Percepatan Pemanfaatan Pembangunan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Suroto mengatakan proyek PSN pengembangan kawasan PIK dan BSD ini tidak dibiayai dari Anggaran Pemerintah dan Belanja Negara (APBN). Namun biaya pengembangan kedua proyek tersebut berasal dari masing-masing pengembang dimana BSD akan dilakukan oleh Sinar Mas Land dan PIK oleh PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengintip PSN Baru Pengembangan Kawasan PIK dan BSD, Hadiah Jokowi atas IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.