Mengintip Rencana Divestasi Jalan Tol milik BUMN Karya di 2023

Sejumlah BUMN pelat merah tengah berencana melakukan divestasi saham atau melepas kepemilikan saham halan tol. Hal ini sebagai upaya untuk menutup beban utang dalam neraca keuangan BUMN. Divestasi sebagai upaya BUMN Karya mendapatkan dana segar untuk membangun proyek baru tol.

Yanita Petriella

20 Jun 2023 - 18.45
A-
A+
Mengintip Rencana Divestasi Jalan Tol milik BUMN Karya di 2023

Jalan Tol Manado-Bitung. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Sejumlah BUMN pelat merah tengah berencana melakukan divestasi saham atau melepas kepemilikan saham halan tol. Hal ini sebagai upaya untuk menutup beban utang dalam neraca keuangan BUMN. Divestasi sebagai upaya BUMN Karya mendapatkan dana segar untuk membangun proyek baru tol. 

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) bakal melakukan divestasi saham atas tiga ruas jalan tol di tahun ini. Ketiga ruas itu yakni tol Manado–Bitung, Tol Balikpapan–Samarinda, dan Tol Soreang–Pasir Koja. Adapun WIKA memiliki 20 persen saham tol Manado–Bitung, 18,29 persen saham tol Balikpapan–Samarinda, dan 25 persen saham tol Soreang–Pasir Koja. 

Corporate Secretary PT Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan divestasi saham ketiga ruas tol tersebut merupakan upaya perusahaan untuk menyegarkan struktur permodalan. Pasalnya, divestasi sudah direncanakan dari tahun-tahun sebelumnya sehingga tidak terkait dengan restrukturisasi utang.

“Untuk nilai divestasi ketiga tol di tahun ini belum tahu masih dihitung. Sudah ada calon pembeli tengah kami jajaki tapi belum bisa kami sebut,” ujarnya, Selasa (20/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.