Mengintip Rencana Pembangunan Infrastruktur Skema KPBU di 2024

Pemerintah menargetkan 39 proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat dilaksanakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada tahun anggaran 2024 dengan nilai Rp252 triliun.

Yanita Petriella

9 Sep 2023 - 17.20
A-
A+
Mengintip Rencana Pembangunan Infrastruktur Skema KPBU di 2024

Tol Balikpapan - Samarinda. /dok JSMR

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah menargetkan 39 proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat dilaksanakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada tahun anggaran 2024. Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Herry Trisaputra Zuna mengatakan total nilai dari 39 proyek tersebut mencapai Rp252 triliun. 

“Sebanyak 16 proyek KPBU dengan nilai sekitar Rp69,01 triliun dalam tahap penyiapan dan 23 proyek KPBU senilai Rp183,78 triliun dalam tahap transaksi,” ujarnya dikutip Sabtu (9/9/2023).

Herry memaparkan di dalam tahap penyiapan terdapat 2 proyek Sumber Daya Air (SDA), yakni Daerah Irigasi Lhok Guci dan Daerah Irigasi Jambo Aye di Provinsi Aceh dengan nilai investasi masih dalam perhitungan. Kemudian, di bidang jalan dan jembatan yang masih tahap penyiapan ada 2 proyek Jalan Tol dalam proses prakarsa pemerintah, yaitu Jalan Tol Malang – Kepanjen dan Jalan Tol Bandung Intra Urban senilai Rp22,63 triliun. 

“Terdapat juga 4 proyek jalan Tol dalam proses prakarsa badan usaha, yaitu Jalan Tol Kohod (Pakuhaji) – Lebakwangi (Neglasari), jalan Tol Pluit – Bandara (bagiandari Tomang – Pluit – Bandara), jalan Tol Akses Patimban Extend (Sadang – Subang), jalan Tol Caringin – Cisarua (bagian dari Jalan Tol Caringin – Cianjur) senilai Rp27,43 triliun,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.