Mengintip Rincian Rencana Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September

Pemerintah memastikan pemindahan ASN ke IKN Nusantara akan dimulai secara bertahap pada bulan September mendatang.

Yanita Petriella & Alifian Asmaaysi

18 Apr 2024 - 11.58
A-
A+
Mengintip Rincian Rencana Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September

Progres pembangunan IKN. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Rencana pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan dimulai pada September mendatang. Pemindahan ASN ke IKN tahap satu sebelumnya direncanakan mulai Juli tahun ini. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menuturkan pemindahan itu mundur karena mempertimbangkan kesiapan hunian.
Apartemen untuk ASN di IKN akan digunakan terlebih dahulu mempersiapkan upacara HUT RI sehingga tempat tinggal belum bisa digunakan untuk para abdi negara.

Berdasarkan arahan Istana, pemindahan ASN tahap pertama akan dilakukan setelah upacara Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia di IKN.

“Saat upacara apartemen akan dipakai oleh seluruh peserta upacara di IKN dan itu memerlukan penginapan yang cukup banyak sehingga pemindahan tahap pertama ini setelah Agustus. Insya Allah September pemindahan,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo, dikutip Kamis (18/4/2024).

Pada tahap awal ini, sebanyak 11.916 ASN di 38 kementerian atau lembaga (K/L) akan dipindahkan. Selain itu, sebanyak 179 pejabat eselon 1 atau JPT Madya juga disertakan. Pemindahan ini menyesuaikan ketersediaan hunian dan infrastruktur IKN. 
Pemerintah juga sudah menetapkan skala prioritas untuk kepindahan ASN ke IKN. Adapun beberapa yang termasuk ke dalam prioritas pertama adalah ASN Pertahanan dan Keamanan (Hankam), ASN muda, serta yang memiliki kemampuan digital.
Anas menjelaskan skema pemindahan ASN dilakukan secara bertahap sehingga keberangkatan para pegawai ASN ke IKN tak langsung dilakukan oleh ribuan orang secara bersamaan.

Adapun 38 kementerian/lembaga yang pindah pada tahap 1 yakni Setjen DPR, Setjen DPD, Setjen MPR, Setjen BPK, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Kemenko Marves,  Kemenko Perekonomian, Kemenko Polhukam, dan Kemenko PMK.

Selanjutnya, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PAN-RB, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Setneg, Kementerian LHK, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Kominfo.

Kemudian, Sekretariat Kabinet, BMKG, Bapanas, BPIP, BIN, KSP, BSSN, BNPB, Wantimpres, KPK, Kejaksaan, BPKP, dan BNPP

“Maka kami mendapatkan arahan dari Istana bahwa pemindahan bertahap, tetapi ASN akan mulai pindah setelah Agustus, setelah upacara. Karena upacara akan dipakai oleh seluruh peserta upacara di IKN, sehingga pemindahan tahap pertama ini setelah Agustus. Insyaallah September pemindahan,” katanya.

Baca Juga: Menghitung Waktu Para Menteri dan ASN Mulai Bersiap Pindah ke IKN


Dia memastikan pemindahan tahap I ASN dari 38 Kementerian dan Lembaga (K/L) dipastikan prosesnya tidak akan molor. 

“Tadi kan sudah ada skenario yang Kementerian dan Lembaga yang akan pindah, tadi sudah detail kan kami sampaikan. Jadi di sini on the track sebenarnya, enggak ada yang mundur, enggak ada,” tutur Anas. 

Meskipun pemindahan ASN baru dilakukan pada bulan September mendatang, namun terdapat sebagian menteri yang sudah pindah ke IKN pada Juli 2024. Salah satunya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
 “Tapi Juli para menteri sebagian ada yang mulai pindah ke IKN, termasuk Pak Basuki,” ucapnya. 

Pada tahap kedua, pemindahan ASN mencakup 6.000 pegawai. Lalu, pada tahap selanjutnya, pemerintah akan memindahkan 14.000 ASN. 

Tahapan pemindahan ASN ini akan terus dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR dan Otoritas IKN yang menyiapkan hunian dan infrastruktur, serta mengatur IKN.

“Skema pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap sesuai dengan penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian tersebut,” terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.