Mengintip Sederet Proyek Pembangunan Kota Digital Data Center

Jakarta menjadi salah satu wilayah yang diminati dalam pembangunan data center. Beberapa tahun belakangan, para pengembang tengah masif membangun kota atau kawasan terpadu berbasis digital di Indonesia.

Yanita Petriella

17 Jan 2023 - 18.18
A-
A+
Mengintip Sederet Proyek Pembangunan Kota Digital Data Center

Rencana Jababeka bangun Silicon Valley. /dok Jababeka

Bisnis, JAKARTA – Jakarta menjadi salah satu wilayah yang diminati dalam pembangunan data center. Dalam laporan Knight Frank Asia Pasifik yang menyebutkan Jakarta merupakan salah satu kota penyedia lahan paling aktif untuk pembangunan data center di wilayah Asia Pasifik. Di Jakarta, dari hampir 400 MW pasokan data center yang sedang dibangun dengan beberapa penyedia layanan cloud hyperscale yang mendukung rencana pembangunan mandiri

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan tren digitalisasi menjadikan industri data center tumbuh progresif di Indonesia. Menurutnya, pusat data juga tergolong dalam 10 besar sub sektor real estate yang dipilih oleh investor untuk menanamkan modal sepanjang tahun ini. 

“Tercatat kebutuhan lahan industri terutama di Bekasi dan Karawang banyak diperuntukan untuk pembangunan data center.  Setelah data center, kebutuhan lahan juga banyak dicari untuk pengembangan industri bahan kimia, industri kulit sintetis dan sepatu serta industri logistik dan warehouse,” ujarnya kepada Bisnis, dikutip Selasa (17/1/2022). 

Di Indonesia, pertumbuhan serapan lahan industri oleh data center cukup progresif atau meningkat empat kali lipat dibandingkan semester 1 tahun 2022. Bahkan, beberapa kawasan industri baru atau dalam proses pembangunan di koridor timur Jakarta dan di Bogor telah mendapatkan komitmen prospek penjualan lahan dengan sektor data center dalam beberapa tahun ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.