Mengintip Sektor Potensial Kala Ruang Kredit Bank Kian Lebar

Bank Indonesia (BI) tetap melonggarkan suku bunga acuan. Situasi tersebut mencerminkan optimisme penyaluran kredit perbankan. Adapun perbaikan penyaluran kredit ditopang oleh kredit produktif meliputi kredit modal kerja dan kredit investasi, serta sebagian besar sektor ekonomi.

Asteria Desi Kartikasari
Jul 21, 2022 - 4:29 PM
A-
A+
 Mengintip Sektor Potensial Kala Ruang Kredit Bank Kian Lebar

Karyawan melintas didekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA— Ruang perbankan untuk memacu penyaluran kredit sepanjang tahun ini semakin terbuka seiring dengan Bank Indonesia yang mempertahankan suku bunga acuan pada level 3,5 persen.  Perbankan cukup optimistis, penyaluran kredit berpotensi tumbuh hingga dua digit. 

BI memproyeksikan kredit perbankan sepanjang tahun ini tumbuh hingga 9-11 persen. Perkiraan angka tersebut meningkat dari target awal tahun yang dipatok hanya tumbuh hingga 6-8 persen. Adapun, realisasi kredit nasional per Juni 2022 telah mencapai dobel digit, yakni yakni 10,66 persen year-on-year (yoy).

Sementara kredit sebesar 10,66 persen pada Juni 2022 diikuti dengan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL), yang tetap terjaga di kisaran 3,04 persen secara bruto dan 0,85 persen secara neto.

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Yuddy Renaldi mengamini kebijakan bank sentral mencerminkan optimisme. Mulai dari naiknya proyeksi kredit hingga mempertahankan suku bunga BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR). 

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengintip Sektor Potensial Kala Ruang Kredit Bank Kian Lebar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ