Mengintip Tantangan Mengadang Akselerasi Penjualan Mobil Listrik

Pasar kendaraan listrik di Indonesia diperkirakan akan melampaui US$20 miliar pada 2030. Penjualan kendaraan listrik di Indonesia sepanjang Januari hingga September 2023 mencapai 44.265 unit, naik 371,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.388 unit.

Redaksi

16 Okt 2023 - 20.08
A-
A+
Mengintip Tantangan Mengadang Akselerasi Penjualan Mobil Listrik

Salah satu contoh mobil listrik milik Hyundai.

Bisnis, JAKARTA – Pasar kendaraan listrik Tanah Air mengalami pertumbuhan permintaan meskipun lebih lambat di pasar global. Namun demikian, pasar kendaraan listrik di Indonesia diperkirakan akan melampaui US$20 miliar pada 2030.

Adapun pemerintah RI tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) sebagai upaya mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

Pertumbuhan pasar kendaraan listrik ini seiring kesadaran konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan dan insentif dari pemerintah. Sejumlah produsen otomotif nasional pun berlomba memperkenalkan produk elektrifikasi andalannya baik yang dengan teknologi hibrida maupun battery electric vehicle (BEV). Market share kendaraan listrik di Indonesia sebesar 5% dari total pasar otomotif nasional.

Automotive Leader Price Waterhouse Cooper Indonesia (PWC Indonesia) Hendra Lie mengatakan masih banyak masyarakat yang masih ragu membeli mobil listrik karena ketidakpastian biaya kepemilikan. Hal ini membuat adopsi EV di Indonesia cenderung lebih lambat dibandingkan dengan pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.