Menguak Persoalan Tata Kelola Perizinan Ekspor CPO

Kasus dugaan korupsi perizinan pemberian fasilitas ekspor sekaligus membuktikan bahwa perizinan model online single submission (OSS) kembali tidak berdaya, mengingat pada faktanya dalam kasus ini perizinan pemberian fasilitas ekspor diurus secara manual dan tatap muka dan diduga terjadi tindak pidana korupsi.

Rio Christiawan

30 Apr 2022 - 09.11
A-
A+
Menguak Persoalan Tata Kelola Perizinan Ekspor CPO

Pekerja tengah menata sawit. — Antara

Kejaksaan Agung baru saja menetapkan empat tersangka terkait persoalan kelangkaan minyak goreng yang telah menjadi isu nasional beberapa bulan ini.

Kondisi tersebut mengakibatkan Presiden mengambil kebijakan untuk menghentikan ekspor minyak goreng untuk sementara waktu sembari melakukan perbaikan tata kelola ekspor minyak.

Kejaksaan Agung menerapkan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 54 ayat (1) huruf a dan ayat (2) huruf a, b, e, dan f Undang-Undang No. 7/2014 tentang Perdagangan dan/atau Keputusan Menteri Perdagangan No. 129 juncto No. 170/2022 tentang Penetapan Jumlah untuk Distribusi Kebutuhan Dalam Negeri dan Harga Penjualan di Dalam Negeri dan ketentuan Bab 2 huruf a angka 1 huruf b jo Bab 2 huruf c angka 4 huruf c Peraturan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri No. 02 DAGLU per 1 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kebijakan dan Pengaturan Ekspor CPO.

Menurut rilis Kejaksaan Agung, penyidikan terhadap keempat tersangka tersebut dilakukan karena adanya penyimpangan dan indikasi tindak pidana korupsi pada pengurusan izin fasilitas ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menguak Persoalan Tata Kelola Perizinan Ekspor CPO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.