Menguatkan Langkah Pertamina Jadi Pemain Baru Bioetanol

Ibarat sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, dengan mengakuisisi perusahaan Negeri Samba yang bisa menyuplai gula dan juga etanol, Pertamina diharapkan dapat mengamankan ketahanan pangan dan energi nasional secara bersamaan.

Akbar Evandio & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

10 Jun 2024 - 23.07
A-
A+
Menguatkan Langkah Pertamina Jadi Pemain Baru Bioetanol

Presiden Joko Widodo secara resmi pada Jumat (4/11/2022) meluncurkan program Bioetanol Tebu Untuk Ketahanan Energi di sela kunjungan kerja di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. PT Pertamina (Persero) bakal segera meluncurkan dan memasarkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan nama Pertamax Green 95. Istimewa-Kementerian ESDM

Bisnis, JAKARTA — Keinginan pemerintah untuk terus berupaya mengoptimalkan penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar hijau kian kuat, demi mencapai kemandirian dan ketahanan energi nasional. Tak tanggung-tanggung, PT Pertamina (Persero) didorong untuk segera mengakuisisi perusahaan produsen gula dan etanol di Brasil.

Ibarat sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, dengan mengakuisisi perusahaan Negeri Samba yang bisa menyuplai gula dan juga etanol, BUMN migas itu diharapkan dapat mengamankan ketahanan pangan dan energi nasional secara bersamaan.

Sebagaimana diketahui, bioetanol di Indonesia sebenarnya bukanlah barang baru. Selama ini, etanol yang dihasilkan dari bahan baku nabati (gula tebu, pati jagung, dan sebagainya) dengan cara fermentasi tersebut banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan minuman.

Selain itu, bioetanol juga banyak digunakan sebagai bahan baku atau penunjang berbagai industri, bahkan juga dimanfaatkan untuk campuran bahan bakar minyak meskipun belum banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.