Mengubur Langkah KCI Impor Kereta Bekas Jepang

PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI harus gigit jari setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyatakan tidak mendukung rencana impor tersebut. Strategi anak usaha PT KAI (Persero) itu dinilai tidak sejalan dengan upaya pemerintah mendukung produk dalam negeri.

Rayful Mudassir

7 Apr 2023 - 22.13
A-
A+
Mengubur Langkah KCI Impor Kereta Bekas Jepang

Penumpang menunggu kereta tiba di Stasiun Palmerah, Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Satu langkah PT Kereta Commuter Indonesia untuk mengimpor kereta bekas atau bukan baru dari Jepang terhenti setelah tidak mendapat restu dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memberikan empat kesimpulan perihal belum direstuinya impor pengadaan KRL bukan baru (bekas) asal Jepang oleh KCI.

Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto mengatakan surat hasil audit BPKP telah diterima kementerian sejak 29 Maret 2023. 

Dalam suratnya, BPKP memberikan kesimpulan dalam empat poin. Pertama, rencana impor KRL bukan baru ini tidak mendukung perkembangan industri perkeretaapian nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.