Menguji Asa Waskita Karya dalam Rights Issue Tahap Kedua

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. gagal merealisasikan target optimalnya dalam rights issue yang digelar akhir 2021 lalu. Namun, perseroan tidak kehilangan asa dan berencana untuk kembali menggelar rights issue tahun ini. Langkah ini diragukan oleh DPR RI.

Emanuel Berkah Caesario

16 Feb 2022 - 14.32
A-
A+
Menguji Asa Waskita Karya dalam Rights Issue Tahap Kedua

Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya./wtr.co.id

Bisnis, JAKARTA — Kondisi likuiditas yang masih ketat serta beban keuangan yang tinggi meski telah mendapatkan suntikan penyertaan modal negara (PMN) mengharuskan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. untuk kembali menggelar emisi saham baru melalui rights issue.

Namun, rencana aksi korporasi ini bakal menghadapi tantangan serius, terutama di tengah kinerja keuangan perseroan yang belum mampu memenuhi ekspektasi para pemegang saham.

Selain itu, aksi rights issue yang dilakukan emiten berkode saham WSKT ini pada akhir 2021 lalu pun tergolong tidak cukup berhasil. Dari target dana publik Rp4 triliun, rights issue tersebut justru hanya terserap Rp1,5 triliun atau hanya 38,01 persen dari target maksimal.

Sementara itu, pemerintah melaksanakan seluruh haknya melalui PMN senilai Rp7,9 triliun. Hal ini menyebabkan porsi saham pemerintah usai rights issue membengkak dari semula sekitar 66 persen menjadi 75,35 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.