Menguji Efektivitas Formula Baru Nilai Tunai Produk Unit-Linked

Poin penting yang diatur dalam SEOJK anyar tentang unit-linked mewajibkan perusahaan asuransi melakukan penyesuaian strategi premi untuk pembentukan nilai tunai produk unit-linked. Apalagi, selama ini pengalokasian premi untuk nilai tunai belum ada aturan khusus.

Asteria Desi Kartikasari

19 Apr 2022 - 18.06
A-
A+
Menguji Efektivitas Formula Baru Nilai Tunai Produk Unit-Linked

Ilustrasi asuransi unit link/Fincash

Bisnis, JAKARTA— Produk asuransi jiwa unit link sekilas memang seperti paket komplit. Tidak hanya menawarkan proteksi untuk jiwa namun juga investasi. Ironinya, terlepas dari proteksi yang diberikan, kinerja asuransi unit-linked domestik banyak mengecewakan pemegang polis.

Pada beberapa kasus, beberapa pemegang polis yang rutin menyetor premi selama bertahun-tahun harus gigit jari ketika menagih uang hasil asuransi dari pihak perusahaan asuransi. Salah satu alasan yang sering diungkapkan adalah investasi yang dilakukan belum balik modal.

Aduan terkait produk unit-linked atau produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) pada 2021 tercatat mencapai 593 pengaduan atau lebih tinggi dibandingkan dengan pada 2019 dengan jumlah aduan 360 perkara. 

Pada kondisi tersebut biasanya, pemegang polis unit-linked dikenakan biaya akuisisi. Sederhananya, biaya akuisisi mencakup biaya untuk asuransi, administrasi, fee untuk asuransi, hingga komisi keagenan. Biaya akuisisi unit-linked terbilang tinggi, bahkan bisa mencapai lebih besar dari 100 persen selama rata-rata lima tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menguji Efektivitas Formula Baru Nilai Tunai Produk Unit-Linked

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.